Preview Film: Lights Out (2016)

James Wan kembali menebar teror lewat film horror. Kali ini, berjudul Lights Out. Yang sudah tayang midnight di bioskop-bioskop Indonesia pada hari Sabtu (13/8) yang lalu. Namun, dalam film ini, kreator Saw (2004), Insidious (2011), dan The Conjuring (2013) tersebut tidak bertindak sebagai sutradara, tapi sebagai produser.

Jika dilihat dari trailer-nya, konsep yang ditawarkan oleh Lights Out tidak berbeda jauh dengan Insidious dan The Conjuring. Adegan-adegan dalam film ini cukup mengejutkan dan menakutkan. Hanya saja, dalam film ini, sosok hantu wanitanya, yang berambut panjang awut-awutan, selalu muncul saat lampu dimatikan. Tentunya, hal itu bakal membuat penonton yang menderita fobia gelap semakin jantungan.

Film Lights Out ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Rebecca (Teresa Palmer). Yang terus-menerus diganggu oleh sesosok makhluk hitam. Tepatnya, setiap kali dia mematikan lampu di kamarnya. Selain Rebecca, adiknya, yang bernama Martin (Gabriel Bateman), ternyata, juga mengaku sering diganggu oleh sosok mengerikan tersebut. Terutama, saat ia tidur dalam keadaan gelap.

Dua kakak-beradik tersebut kemudian terdorong untuk menguak misteri yang selalu menghantui mereka. Dengan dibantu oleh Bret (Alexander DiPersia), cowok yang di-friendzone oleh Rebecca, akhirnya, terungkap fakta: Bahwa ibu mereka, Sophie (Maria Bello), mengenal hantu menyeramkan tadi sebagai Diana (Alicia Vela-Bailey). Teman masa kecilnya.

Sewaktu masih anak-anak dulu, Sophie dan Diana menghuni rumah sakit jiwa yang sama. Sophie mengalami depresi dan kelainan mental. Sedangkan Diana sendiri menderita kelainan kulit. Yang sangat sensitif dengan segala bentuk cahaya. Diana kemudian meninggal karena eksperimen yang dilakukan oleh tim dokter.

Dari situlah kisah horror mulai terjadi. Arwah penasaran Diana selalu mengikuti Sophie yang kondisi kejiwaannya mulai membaik. Karena merasa dialah satu-satunya temannya. Namun, celakanya, Diana tidak berhenti sampai di Sophie. Karena dia juga terus menghantui hingga ke anak-anaknya: Rebecca dan Martin. Apa sebenarnya tujuan Diana? Mampukah keluarga Sophie terlepas dari teror hantu pemuja kegelapan yang menyeramkan tersebut?

Btw, proyek film Lights Out ini, awalnya, bermula dari sebuah film pendek. Yang berjudul sama. Yang mendapat banyak penghargaan internasional. Antara lain: Best Short Movie dalam ajang Bilbao Fantasy Film Festival 2014, Best Director dalam ajang BC Horror Challenge, dan Who’s There? Film Challenge 2013. Dalam versi film pendek Lights Out, yang menjadi bintangnya adalah aktris asal Swedia: Lotta Losten. Yang merupakan istri dari sang sutradara, David F. Sandberg. Yang, dalam versi film panjangnya ini, juga muncul sekilas sebagai pemeran karakter yang bernama Esther.

Singkat cerita, kesuksesan film pendek Lights Out dalam berbagai festival tadi, akhirnya, membuat sang maestro horror James Wan tertarik untuk memproduseri film panjangnya. David F. Sandberg tetap ia tunjuk sebagai sutradaranya. Yang sekaligus menjadi debutnya di layar lebar. Sementara itu, Eric Heisserer, yang berpengalaman menghasilkan A Nightmare on Elm Street (2010), Final Destination 5 (2011), The Thing (2011), dan Hours (2013), menjadi penulis naskahnya.

Dan, hasilnya, setelah tayang di Los Angeles Film Festival pada 8 Juni 2016 yang lalu, Lights Out mendapat review yang cukup positif dari para kritikus. Nuansa horror yang dihadirkan oleh film ini dianggap cukup mencekam. Apalagi, film berdurasi 77 menit ini juga menampilkan setting rumah besar klasik ala Eropa. Yang berlantai kayu dan gelap. Yang membuat suasananya semakin menakutkan.

Selain itu, efek suara-suara aneh, yang dimunculkan secara tiba-tiba, juga membuat Lights Out semakin menegangkan. Bahkan, ada yang mengatakan, film ini lebih menyeramkan dan mengagetkan daripada The Conjuring! Tentu saja, hal itu membuat para pencinta horror semakin penasaran.

Selain mendapat pujian dari para kritikus, secara box office, Lights Out juga sangat sukses. Sejak dirilis pada 22 Juli 2016 di Amerika Serikat, dengan bujet “hanya” USD 4,9 juta, film rilisan Warner Bros. Pictures ini sudah meraup pemasukan hingga USD 90 juta. Angka tersebut belum ditambah dari negara-negara yang telat menayangkan film ini. Seperti dari Indonesia. Yang baru memutarnya secara reguler mulai hari Selasa (16/8) nanti.

***

Lights Out

Sutradara: David F. Sandberg
Produser: Lawrence Grey, Eric Heisserer, James Wan
Penulis Skenario: Eric Heisserer
Berdasarkan: Lights Out by David F. Sandberg
Pemain: Teresa Palmer, Gabriel Bateman, Maria Bello, Alexander DiPersia, Alicia Vela-Bailey, Billy Burke
Musik: Benjamin Wallfisch
Sinematografi: Marc Spicer
Editor: Michel Aller
Produksi: New Line Cinema, Atomic Monster, Grey Matter Production, RatPac Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Budget: USD 4,9 juta
Durasi: 77 menit
Rilis: 8 Juni 2016 (Los Angeles Film Festival), 22 Juli 2016 (Amerika Serikat), 16 Agustus 2016 (Indonesia)

Ratings

IMDb: 6,9/10
Rotten Tomatoes: 76%
Metacritic: 57/100

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Lights Out (2016)

Leave a comment