Preview Film: Lights Out (2016)

James Wan kembali menebar teror lewat film horror. Kali ini, kreator dari Saw (2004), Insidious (2011), dan The Conjuring (2013) itu tidak bertindak sebagai sutradara, melainkan sebagai produser dari Lights Out, yang sudah tayang midnight hari Sabtu (13/8) yang lalu di Indonesia.

Jika melihat trailer-nya, konsep yang ditawarkan oleh film ini tidak berbeda jauh dari Insidious dan The Conjuring. Adegan-adegannya cukup mengejutkan dan menakutkan. Hanya saja, kali ini, penampakan sosok hantu wanita dengan rambut panjang awut-awutan selalu muncul saat lampu dimatikan. Tentunya, ini bakal membuat para penonton yang menderita fobia gelap semakin jantungan.

Lights Out mengisahkan tentang seorang gadis bernama Rebecca (Teresa Palmer) yang terus-menerus diganggu oleh sesosok makhluk hitam setiap kali dia mematikan lampu di kamarnya. Adiknya, Martin (Gabriel Bateman), ternyata juga mengaku sering diganggu oleh sosok mengerikan tersebut saat dia tidur dalam keadaan gelap.

Dua kakak-beradik tersebut kemudian terdorong untuk menguak misteri yang selalu menghantui mereka. Dengan dibantu oleh Bret (Alexander DiPersia), cowok yang di-friendzone oleh Rebecca, akhirnya terungkap fakta bahwa ibu mereka, Sophie (Maria Bello), mengenal hantu menyeramkan itu sebagai Diana (Alicia Vela-Bailey), teman masa kecilnya.

Sewaktu masih anak-anak, Sophie dan Diana menghuni rumah sakit jiwa yang sama. Sophie mengalami depressi dan kelainan mental, sedangkan Diana sendiri menderita kelainan kulit dan sangat sensitif dengan segala bentuk cahaya. Dia kemudian meninggal karena eksperimen yang dilakukan oleh tim dokter.

Di sinilah kisah horror mulai terjadi. Arwah penasaran Diana selalu mengikuti Sophie yang kondisi kejiwaannya mulai membaik, karena merasa dialah satu-satunya temannya. Tidak hanya itu, Diana kemudian terus menghantui hingga ke anak-anaknya, Rebecca dan Martin. Apa tujuannya? Mampukah keluarga Sophie lepas dari teror hantu pemuja kegelapan yang menyeramkan tersebut?

Lights Out sendiri awalnya bermula dari sebuah film pendek berjudul sama yang mendapat banyak penghargaan internasional. Antara lain, Best Short Movie pada Bilbao Fantasy Film Festival 2014 serta Best Director pada BC Horror Challenge dan Who’s There? Film Challenge 2013.

Di versi film pendeknya, Lights Out dibintangi oleh aktris asal Swedia, Lotta Losten, yang merupakan istri dari sang sutradara, David F. Sandberg. Di versi panjangnya ini, Losten juga muncul sekilas. Dia memerankan karakter bernama Esther.

Kesuksesan di berbagai festival itu akhirnya membuat sang maestro horror, James Wan, tertarik untuk memproduseri Lights Out. David F. Sandberg tetap sebagai sutradaranya, sekaligus menjadi debutnya di layar lebar. Sementara itu, Eric Heisserer, yang berpengalaman menghasilkan A Nightmare on Elm Street (2010), Final Destination 5 (2011), The Thing (2011), dan Hours (2013), menjadi penulis naskahnya.

Setelah tayang di Los Angeles Film Festival pada 8 Juni 2016 yang lalu, Lights Out mendapat review yang cukup positif dari para kritikus. Nuansa horror yang dihadirkan cukup mencekam. Apalagi, dengan menampilkan setting rumah besar klasik ala Eropa, berlantai kayu, dan gelap, membuat suasana semakin menakutkan.

Efek suara-suara aneh yang dimunculkan secara tiba-tiba juga membuat film berdurasi 81 menit ini semakin menegangkan. Bahkan, ada yang mengatakan, Lights Out lebih menyeramkan dan mengagetkan daripada The Conjuring! Tentu saja, hal ini bakal membuat para pencinta horror semakin penasaran.

Secara box office, film rilisan Warner Bros. Pictures ini sangat sukses. Sejak dirilis pada 22 Juli 2016 di Amerika Serikat, dengan bujet “hanya” USD 4,9 juta, Lights Out sudah meraup pemasukan hingga USD 90 juta. Itu belum ditambah dari negara-negara yang telat menayangkannya, seperti Indonesia, yang baru memutarnya mulai hari Selasa (16/8) ini.

***

Lights Out

Sutradara: David F. Sandberg
Produser: Lawrence Grey, Eric Heisserer, James Wan
Penulis Skenario: Eric Heisserer
Berdasarkan: Lights Out by David F. Sandberg
Pemain: Teresa Palmer, Gabriel Bateman, Maria Bello, Alexander DiPersia, Alicia Vela-Bailey, Billy Burke
Musik: Benjamin Wallfisch
Sinematografi: Marc Spicer
Editor: Michel Aller
Produksi: New Line Cinema, Atomic Monster, Grey Matter Production, RatPac Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Budget: USD 4,9 juta
Durasi: 81 menit
Rilis: 8 Juni 2016 (Los Angeles Film Festival), 22 Juli 2016 (Amerika Serikat), 16 Agustus 2016 (Indonesia)

Ratings

IMDb: 6,9
Rotten Tomatoes: 6,3
Metacritic: 5,7

Advertisements
Preview Film: Lights Out (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s