Preview Serial TV: Hawkeye (2021)

Setelah WandaVision, The Falcon and the Winter Soldier, Loki, dan What If…?, Hawkeye menjadi serial Marvel Cinematic Universe (MCU) kelima yang dirilis oleh Marvel Studios pada tahun 2021 ini. Sesuai dengan judulnya, serial yang menjadi bagian MCU Phase 4 ini mengisahkan sepak terjang sang Jago Panah Clint Barton (Jeremy Renner), alias Hawkeye.

Yang menarik, dalam serial Hawkeye ini, Clint Barton tidak beraksi sendirian. Anggota Avengers tersebut ditemani oleh muridnya. Yang masih sangat muda. Masih gemoy. Yang sekaligus bakal menjadi penerusnya sebagai penyandang julukan Hawkeye. Yaitu: Kate Bishop (Hailee Steinfeld).

Saat diwawancarai pada Juli 2019 silam, Presiden Marvel Studios Kevin Feige menjelaskan, yang menjadi fokus cerita dalam serial Hawkeye memang tetap Clint Barton. Namun, meski demikian, kali ini, agent of S.H.I.E.L.D. tanpa kekuatan super tersebut harus menjadi mentor bagi agen lain, yang juga tidak memiliki superpower, untuk menjadi superhero.

Dalam ajang D23 Expo yang dihelat pada Agustus 2019 silam, akhirnya, Kevin Feige mengumumkan bahwa karakter Kate Bishop bakal menjadi inti cerita dalam serial Hawkeye. Namun, meski demikian, kala itu, pemerannya belum diumumkan. Memang, saat itu, sudah tersiar kabar bahwa Hailee Steinfeld sedang dibidik untuk menjadi pemeran Kate Bishop. Namun, meski demikian, kala itu, statusnya masih belum pasti. Alias masih dalam tahap ditawari.

Selama ini, Marvel Studios memang dikenal sangat ketat dalam mengumumkan nama-nama pemain yang bakal membintangi film-film maupun serial-serial MCU. Bila bocor duluan, nama yang semula dibidik bisa berubah saat pengumuman resminya dirilis. Hal itu sempat dialami oleh Keanu Reeves. Bintang franchise film John Wick (2014) tersebut sempat dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Marvel Studios untuk bermain dalam film Eternals (2021). Namun, meski demikian, ternyata, saat tambahan pemain baru diumumkan, nama yang muncul adalah Kit Harington. Bukan Kak Nunu.

Nama Hailee Steinfeld sendiri baru resmi diumumkan, sebagai pemeran Kate Bishop, saat proses syuting serial Hawkeye dimulai pada Desember 2020 yang lalu. Bersamaan dengan nama-nama bintang pendukung lainnya: Vera Farmiga dan Alaqua Cox.

Setelah menjalani syuting selama beberapa bulan, proses produksi serial Hawkeye akhirnya rampung pada 22 April yang lalu. Kala itu, sang bintang utama, Jeremy Renner, mengumumkannya lewat sebuah foto di akun Instagram-nya. “Bravo untuk setiap orang di Marvel dan Disney+, seluruh kru, tim stunt Heidi Moneymaker, dan para cast yang menakjubkan atas kerja kerasnya dalam show ini. Kami tak sabar membagikan (serial) ini kepada kalian. Terima kasih atas perjalanan luar biasanya,” demikian tulisnya.

Selain mem-posting pengumuman tadi, Jeremy Renner juga mengunggah sebuah foto behind the scene serial Hawkeye di Instagram Story-nya. Pada foto tersebut, ia terlihat penuh luka memar. “Hari terakhir, untuk saat ini. Ini bukan ucapan ‘sampai jumpa’, melainkan ‘sampai jumpa lagi’. Terima kasih para cast, kru, dan Marvel,” tulis aktor yang bermain dalam MCU sejak 2011 tersebut.

Kisah serial Hawkeye sendiri mengambil setting waktu setelah kejadian dalam film Avengers: Endgame (2019). Ceritanya diadaptasi dari serial komik Marvel karya Matt Fraction dan David Aja. Serial komik tersebut mengisahkan petualangan Clint Barton di luar Avengers dan para superhero lainnya di luar kostum mereka. Komik omnibus yang dirilis pada 2015 tersebut termasuk salah satu saga favorit fans. Di platform distribusi komik digital Comixology, komik tersebut mendapat rating 4,7 dalam skala 5. Yang artinya sangat bagus.

Sementara itu, dalam sinopsis resmi serial Hawkeye yang dirilis oleh Marvel Studios, Clint Barton dikisahkan sebagai seorang mantan anggota Avengers. Keinginannya setelah pensiun adalah kembali ke rumah untuk merayakan momen Natal yang spesial bersama keluarganya. Namun, meski demikian, hal itu tidak mudah untuk dicapai. Karena rekam jejaknya sebagai Ronin merepotkannya. Ia harus lebih dulu menghadapi musuh-musuh dari masa lalunya.

Dalam film Avengers: Endgame, Clint Barton memang dikisahkan sudah mengubah identitasnya menjadi Ronin. Ia terlihat beraksi dengan menggunakan kostum khas berwarna hitam-emas dengan penutup kepala dan masker. Ronin sendiri adalah alterego Hawkeye yang sempat muncul setelah peristiwa blip. Pada saat itu, dunia memang dikisahkan sedang kacau setelah separuh populasi manusia lenyap akibat jentikan jari-jari Thanos.

Menurut Jeremy Renner, pada akhir Avengers: Endgame, Clint Barton dikisahkan merasa kehilangan dan bersalah atas kematian beberapa rekannya. Barton memang mengalami banyak momen berat dalam Endgame. Setelah seluruh anggota keluarganya musnah menjadi debu, ia juga harus kehilangan sahabatnya, Natasha Romanoff, yang mengorbankan diri di Vormir. Tentu saja, hal itu sangat berpengaruh pada kondisi mentalnya.

Dalam serial Hawkeye, sebenarnya, Clint Barton dikisahkan masih dalam proses penyembuhan terkait dengan mentalnya yang terpukul tadi. Namun, meski demikian, masalah lain dan kemunculan Kate Bishop dengan cepat mengubahnya. Kita bakal melihat bagaimana prosesnya dalam serial ini.

Yang menarik, dalam serial Hawkeye, sisi Clint Barton sebagai sosok ayah akan lebih disorot dan dieksplorasi. Sebelumnya, memang banyak fans yang bertanya-tanya: Apa, sih, kemampuan super Hawkeye selain memanah? Padahal, ada hal lain yang juga penting. Menurut Jeremy Renner, sebagaimana para orang tua pada umumnya, Clint juga merupakan sosok yang ingin menjadi pahlawan bagi keluarganya. Dalam serial ini, kita bakal melihat bagaimana peran keluarga menjadi jangkar bagi hidup Barton.

Setelah menjadi Ronin, pada akhir film Avengers: Endgame, Clint Barton memang dikisahkan menjadi seorang family man. Ia tampak sedang mengajari putrinya yang bernama Lila (Ava Russo) memanah. Banyak fans yang menduga bahwa anak Barton itulah yang bakal menjadi Hawkeye yang baru. Namun, meski demikian, ternyata, dugaan tersebut salah. Karena Kate Bishop-lah yang menjadi the next Hawkeye.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dalam serial Hawkeye ini, Clint Barton tidak beraksi sendirian. Sahabat Natasha Romanoff tersebut mendapat bantuan dari seorang pemanah berusia 22 tahun. Yang memiliki impian untuk menjadi superhero. Yang bernama Kate Bishop. Keduanya dikisahkan harus bekerja sama untuk mengusut kasus kejahatan. Selain itu, mereka juga harus menyelesaikan masalah dan menghadapi seseorang dari masa lalu Barton yang tiba-tiba muncul pada saat Natal.

Yang menarik, menurut Jeremy Renner, hubungan Clint Barton dan Kate Bishop dalam serial Hawkeye ini cukup rumit. Karena, selain terlalu berbeda, mereka juga punya kemiripan. Terkadang, mereka seperti mentor dan mentee. Tapi, di lain waktu, mereka juga seperti sepasang buddy cop yang lucu. Awalnya, Clint memang dikisahkan menganggap Kate sangat mengganggu, tapi kemudian ia ingin melindunginya.

Sementara itu, menurut Hailee Steinfeld, dalam serial Hawkeye, Kate Bishop memandang Clint Barton sebagai sosok teladan. Terlepas dari masa lalunya sebagai Ronin. Kate ingin memiliki kemampuan seperti Clint dan berada di posisinya sebagai anggota Avengers. Hal itu membuatnya terlalu bersemangat setiap kali bersama Barton. Karena Kate memang sudah mengidolakan Hawkeye seumur hidupnya.

Dalam komik Marvel, Kate Bishop sendiri dikisahkan sebagai seorang anggota Young Avengers. Selain itu, dia juga digambarkan sebagai seorang penggemar berat Hawkeye. Cewek bernama lengkap Katherine Bishop tersebut lahir dari sebuah keluarga kaya. Bokapnya dikisahkan memiliki perusahaan penerbitan di Manhattan, New York City.

Kehidupan Kate Bishop, yang seharusnya menyenangkan, menjadi sulit setelah nyokapnya meninggal ketika dia masih kecil. Kate dikisahkan tidak dekat dengan bokapnya, Derek, dan kakaknya, Susan. Selain itu, Kate juga kecewa setelah mengetahui bokapnya memukuli orang lain di tempat kerja. Padahal, semula, dia mengidolakan sang ayah.

Kate Bishop kemudian menyelidiki sendiri kasus yang terkait dengan bokapnya. Dia dikisahkan berupaya untuk memerangi kejahatan sendirian. Akibatnya, Kate hampir saja tertangkap sebelum Clint Barton menyelamatkannya. Clint kemudian menjadi sosok ayah bagi Kate. Dan, singkat cerita, akhirnya, Kate menjadi penerus Clint sebagai Hawkeye.

Gambaran yang lebih jelas mengenai Kate Bishop, akhirnya, terungkap setelah Marvel Studios merilis trailer perdana serial Hawkeye pada 14 September 2021 yang lalu. Dalam cuplikan tersebut, tampak dua pemanah ulung sedang beraksi di tengah perayaan Natal pada akhir tahun. Selain itu, Kate, yang digambarkan sebagai seorang pemanah terbaik di dunia, juga tampak sedang menjajal koleksi senjata anak panah milik idolanya, Clint Barton.

Dari trailer perdana serial Hawkeye tadi, meski hanya berdurasi sekitar dua menit, ada beberapa detail yang bisa kita kumpulkan. Yang pertama adalah tidak terlihatnya istri Clint Barton, Laura (Linda Cardellini), saat adegan liburan. Setelah itu, yang kedua adalah teater Rogers: The Musical. Yang dikisahkan akan ditonton oleh Clint dan anak-anaknya.

Detail lain yang juga menarik, dalam trailer perdana serial Hawkeye, adalah Clint Barton yang terlihat menggunakan alat bantu dengar. Dalam beberapa versi komik Marvel, sosok pemanah jitu tersebut memang dikisahkan mengalami gangguan pendengaran. Namun, meski demikian, dalam film-film MCU sebelumnya, hal itu tidak pernah diceritakan.

Saat diwawancarai, Jeremy Renner mengungkap, dirinya juga sempat mengalami gangguan pendengaran, seperti karakter Clint Barton yang ia perankan, meski tidak sepenuhnya tuli. Untuk mendalami peran sebagai Hawkeye yang pendengarannya terganggu, Renner mengaku banyak belajar dari salah seorang sepupunya yang tuli. Ia menyaksikan sendiri bagaimana saudaranya tersebut menjalani hidup. Menurut Renner, berperan sebagai orang yang mengalami gangguan pendengaran semakin membuka matanya. Terkadang, gangguan tersebut bisa menjadi hambatan, tapi kadang juga bisa menjadi berkah.

Selain Clint Barton dengan alat bantu dengar, yang juga menjadi highlight dalam trailer perdana serial Hawkeye adalah transformasi Ronin. Bahkan, pada awal trailer, konsep penampilannya tampak ditiru oleh Kate Bishop. Setelah itu, pada akhir trailer, sosok Ronin kembali muncul. Namun, meski demikian, masih belum jelas apakah sosok tersebut adalah Clint Barton sendiri atau Maya Lopez yang sedang menyamar.

Dalam komik Marvel, Maya Lopez memang digambarkan memiliki kemampuan semacam Taskmaster dalam film Black Widow (2021). Sosok superhero tunarungu dengan nama julukan Echo tersebut dikisahkan mampu meniru segala macam gerakan dan gaya bertarung lawannya.

Dengan kemunculannya dalam serial Hawkeye, Maya Lopez dipastikan menjadi tokoh tuli yang kedua dalam MCU. Tepatnya, setelah Makkari yang diperankan oleh aktris tunarungu Lauren Ridloff dalam Eternals. Selain itu, yang menarik, serial spin-off tentang Maya Lopez, yang berjudul Echo, juga bakal diproduksi oleh Marvel Studios.

Dalam serial Hawkeye, karakter Maya Lopez diperankan oleh Alaqua Cox yang memang tuli. Menurut para pengamat, pemilihannya sebagai cast sangat tepat dan akurat. Karena dia merupakan aktris tunarungu yang memerankan sosok superhero yang memang dikisahkan tuli sejak lahir.

Selain Alaqua Cox, serial Hawkeye juga dihiasi oleh penampilan Vera Farmiga. Bintang franchise film horror The Conjuring (2013) tersebut berperan sebagai ibu Kate: Eleanor Bishop. Iya, dalam versi serialnya ini, nyokap Kate Bishop memang dikisahkan masih hidup. Berbeda dari versi komiknya.

Saat diwawancarai, menurut Vera Farmiga, hubungan Kate dan Eleanor Bishop, dalam serial Hawkeye ini, cukup kompleks. Eleanor dikisahkan punya naluri keibuan yang kuat dalam membesarkan seorang anak jagoan. Selain itu, dia juga memaknai kesuksesan dengan cara yang berbeda dari putrinya.

Meski mengisahkan sosok jagoan pria sebagai tokoh utamanya, serial Hawkeye memang menampilkan banyak bintang wanita sebagai tokoh-tokoh pendukungnya. Selain Alaqua Cox dan Vera Farmiga, yang juga ditunggu-tunggu penampilannya adalah Florence Pugh. Kabarnya, dia kembali berperan sebagai Yelena Belova, alias si Black Widow yang baru.

Meski sosoknya belum terlihat sama sekali dalam trailer Hawkeye yang dirilis oleh Marvel Studios, Yelena Belova memang berpeluang besar muncul dalam serial ini. Mengingat keterkaitan Clint Barton dengan akhir hidup Natasha Romanoff dalam Avengers: Endgame. Selain itu, post-credits scene film Black Widow juga semakin menguatkan kemungkinan tersebut.

Sementara itu, mengenai Hailee Steinfeld, penampilannya langsung menuai pujian dari para fans setelah trailer perdana serial Hawkeye dirilis oleh Marvel Studios. Penampakannya dianggap sangat mirip dengan penggambaran karakter Kate Bishop dalam komik Marvel. Bahkan, kemiripan tersebut tampak hingga detail ketika dia sedang fangirling di depan Clint Barton.

Sejak perilisan serial-serial MCU di Disney+ Hotstar pada tahun 2021 ini, memang cukup banyak cast baru yang muncul. Hailee Steinfeld merupakan salah satunya. Tentu saja, dari para cast lama, seperti Jeremy Renner, ada penyambutan khusus terhadap mereka. Renner mengungkap, sebelum syuting, ia sempat bilang kepada Hailee bahwa ia akan selalu ada di belakangnya dan Hailee tidak akan sendirian. Selain itu, sambil bercanda, Renner juga bilang bakal ada hal-hal yang aneh selama syuting.

Bagi Hailee Steinfeld, serial Hawkeye memang menjadi penanda kali pertama dia bergabung dalam MCU. Menurutnya, karakter Kate Bishop yang dia perankan sangat percaya diri dan terbuka. Jadi, dia juga harus bersikap seperti itu. Apalagi, selain itu, karakter Kate Bishop juga cukup banyak disukai oleh para fans.

Mengenai kerja samanya dengan Jeremy Renner selama proses produksi serial Hawkeye, Hailee Steinfeld menyatakan, aktor tersebut membimbingnya sama seperti sosok Clint Barton membimbing Kate Bishop. Hal itu membuat mereka cocok. Menurut Hailee, mudah sekali berbaur dengan Renner. Bahkan, mereka terlalu banyak tertawa. Sambil bercanda, Hailee mengungkap, hal pertama yang Renner katakan kepadanya adalah bahwa dia tidak akan menembakkan panah sungguhan.

Yang menarik, demi menguasai peran sebagai Kate Bishop dalam serial Hawkeye, Hailee Steinfeld mengaku sempat melakukan persiapan khusus dengan berlatih memanah untuk mengetahui gerakan dasarnya. Selain itu, cewek supergemoy tersebut juga melakukan latihan fisik dengan ayahnya untuk melatih otot-ototnya. Kebetulan, bokapnya memang seorang personal trainer.

Bagi yang penasaran, penampilan si gemoy Hailee Steinfeld sebagai Kate Bishop sudah bisa dinikmati mulai hari Rabu (24/11) ini. Serial Hawkeye yang terdiri dari enam episode ini sudah tersedia di platform streaming Disney+ Hotstar. Jadi, selamat menonton, ya..

Oh, ya. Satu hal lagi. Gini, ya.. Kalo kamu baru nge-fans Hailee Steinfeld pada zaman serial Hawkeye ini, jangan pernah nganggep level fandom-nya sama dengan aku. Yang sudah ngikutin doi sejak masih tembem dalam film Ender’s Game (2013). Beda itu. Sudahlah, simpan argumenmu. Maaf, no debat. πŸ™

***

Hawkeye

Pembuat: Jonathan Igla
Sutradara: Rhys Thomas, Bert & Bertie
Produser: Kevin Feige, Louis D’Esposito, Victoria Alonso, Trinh Tran, Brad Winderbaum, Rhys Thomas, Jonathan Igla, Alex Lalonde
Berdasarkan: Marvel Comics
Pemeran: Jeremy Renner, Hailee Steinfeld, Vera Farmiga, Fra Fee, Tony Dalton, Zahn McClarnon, Brian d’Arcy James, Alaqua Cox, Florence Pugh
Musik: Christophe Beck
Sinematografi: Eric Steelberg, James Whitaker
Perusahaan Produksi: Marvel Studios
Distributor: Disney Platform Distribution
Jaringan Penyiar: Disney+
Durasi: 60 menit
Negara: Amerika Serikat
Bahasa: Inggris
Genre: Action, Adventure, Crime, Fantasy
Klasifikasi Usia: PG-13 (13+)
Tanggal Rilis: 24 November 2021 (Amerika Serikat & Indonesia)

Rating (hingga 24 November 2021)
Rotten Tomatoes – Tomatometer: 86% (Fresh)
Rotten Tomatoes – Audience Score: n/a
Metacritic: 63/100
CinemaScore: n/a
PostTrak: n/a
IMDb: 8,4/10
Edwin Dianto (Filmania): n/a

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Serial TV: Hawkeye (2021)

2 thoughts on “Preview Serial TV: Hawkeye (2021)

  1. […] Echo (USA) (9 Jan) X-Men ’97 (Animation) (USA) (Spring) Your Friendly Neighborhood Spider-Man (Animation) (USA) (Summer) Eyes of Wakanda (Animation) (USA) (Fall) Marvel Zombies (Animation) (USA) (Fall) Agatha: Darkhold Diaries (USA) (Winter) Ironheart (USA) (2025) Daredevil: Born Again (USA) (2025) Your Friendly Neighborhood Spider-Man S2 (Animation) (USA) (2025) Wonder Man (USA) (2025) Nova (USA) (2025) What If…? S3 (Animation) (USA) (2025) Vision Quest (USA) (2025) Daredevil: Born Again S2 (USA) (2026) Ms. Marvel S2 (USA) Moon Knight S2 (USA) She-Hulk S2 (USA) Midnight Angels (USA) Strange Academy (USA) Illuminati (USA) Ghost Rider (Special) (USA) Mephisto (Special) (USA) Man-Thing (Special) (USA) Silver Surfer (Special) (USA) Sentry (Special) (USA) Black Knight (Special) (USA) […]

Leave a comment