Ulasan Film: The 94th Academy Awards – 2022 Oscars Winners

Kita semua sudah tahu: Tepat sepekan yang lalu, berkat tamparannya terhadap Chris Rock, Will Smith menjadi bintang yang paling menyita perhatian dalam acara puncak 94th Academy Awards, alias Oscars 2022. Yang dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles, pada hari Minggu (27/3) malam waktu setempat itu. Yang disiarkan secara live ke seluruh dunia oleh jaringan televisi ABC itu.

Aksi Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung Oscars 2022 memang sangat menghebohkan. Dan langsung viral di media sosial. Sebelumnya, memang tidak ada seorang pun yang menduga bakal terjadi insiden dalam ajang 94th Academy Awards. Tampaknya, aksi tersebut memang bukan gimmick. Dan bukan akting. Alias memang beneran.

Semula, di atas panggung Oscars 2022, Chris Rock hendak mengumumkan pemenang kategori Film Dokumenter Terbaik. Stand-up komedian berkulit hitam tersebut kemudian mulai melontarkan beberapa lawakan. Salah satunya kepada istri Will Smith: Jada Pinkett Smith. Yang berkepala plontos itu.

Dalam ajang 94th Academy Awards ini, Jada Pinkett Smith, yang hadir bersama dengan suami dan anak-anaknya, memang tampil botak. Nyaris tanpa rambut. Tampilan kepala plontos tersebut bukan karena hair-style, melainkan karena dia sedang menderita alopecia areata. Alias suatu penyakit autoimun yang mengakibatkan kerontokan rambut. Yang sudah dia alami selama beberapa tahun.

“Jada, aku menyayangimu, G.I. Jane 2, tak sabar untuk melihatnya,” ujar Chris Rock, melontarkan leluconnya kepada Jada Pinkett Smith, di atas panggung Oscars 2022. FYI, G.I. Jane merupakan sebuah film Hollywood rilisan tahun 1997. Dalam film drama perang tersebut, yang menjadi tokoh utamanya adalah seorang tentara wanita, Letnan Jordan O’Neil (Demi Moore). Yang dikisahkan berkepala gundul.

Jada Pinkett Smith, yang berkepala gundul itu, tampak kurang senang dengan lawakan, alias roasting, tentang G.I. Jane yang dilontarkan oleh Chris Rock di atas panggung 94th Academy Awards tadi. Emak-emak cantik berkulit eksotik tersebut terlihat memutar bola matanya ke atas. Tanda tidak senang.

Sementara itu, semula, Will Smith memang terlihat sempat tertawa setelah mendengar roasting Chris Rock terhadap Jada Pinkett Smith di atas panggung Oscars 2022 tadi. Namun, meski demikian, setelah melihat reaksi istrinya, yang tampak tidak senang itu, bintang film Bad Boys for Life (2020) tersebut langsung bangkit dari kursinya dan berjalan menuju panggung.

Setelah itu, “Plak!” Terjadilah the Greatest Slap in History. Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung 94th Academy Awards. Tamparan tersebut mengalahkan tamparan Batman terhadap Robin. Dan mengalahkan tamparan Priambodo (Cok Simbara) terhadap Ambarwati (Ayu Azhari) dalam sinetron Noktah Merah Perkawinan (1996). Yang legendaris itu.

“Puas Mas tampar saya? Tampar lagi! Tampar!” Demikianlah yang diucapkan oleh Ambarwati setelah ditampar oleh suaminya, Priambodo, dalam Noktah Merah Perkawinan. Namun, meski demikian, untungnya, Chris Rock tidak seemosional itu. Setelah digampar oleh Will Smith di atas panggung Oscars 2022, ia terlihat berusaha untuk mencairkan suasana dengan berkata, “Wow. Will Smith baru saja menggamparku.”

Suasana ajang 94th Academy Awards, yang semula meriah itu, memang langsung berubah menjadi hening setelah Will Smith menempeleng Chris Rock di atas panggung. Para artis yang hadir tampak sangat kaget. Bahkan, ada beberapa yang terlihat sampai melongo setelah insiden Noktah Merah Oscars tadi.

Sementara itu, meski sudah menggaplok Chris Rock di atas panggung Oscars 2022, lalu kembali ke tempat duduknya, emosi Will Smith masih tampak belum reda. “Jangan sebut nama istriku dari mulut busukmu,” teriaknya. Penonton televisi di rumah tidak bisa mendengar makian tersebut. Karena pihak penyiar langsung mengaktifkan silent mode, alias mode bisu.

Chris Rock, yang masih berdiri di atas panggung 94th Academy Awards, kemudian menanggapi makian Will Smith tadi dengan tenang. Ia menjelaskan bahwa ucapannya terhadap Jada Pinkett Smith adalah sebuah candaan. Di tengah suasana yang masih hening, bintang film Spiral: From the Book of Saw (2021) tersebut kemudian berkata, “Oh, wow. Itu tadi adalah malam terhebat dalam sejarah televisi.”

Beberapa saat kemudian, saat jeda iklan, Will Smith tampak ditenangkan oleh Denzel Washington dan Tyler Perry. Mereka bertiga berbicara di depan panggung Oscars 2022. Setelah itu, selain dua aktor kawakan tadi, Bradley Cooper juga terlihat ikut menenangkan Smith.

Yang menarik, sekitar 40 menit setelah menggampar Chris Rock, Will Smith kembali naik panggung 94th Academy Awards. Ia menjadi pemenang kategori Aktor Terbaik lewat perannya sebagai Richard Williams, ayah dari petenis Venus dan Serena Williams, dalam film biopic King Richard (2021). Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertamanya dalam ajang Oscars setelah 36 tahun berkarir di Hollywood.

Saat menyampaikan pidato kemenangannya di atas panggung Oscars 2022, Will Smith terlihat menangis. “Aku ingin meminta maaf kepada Academy. Aku ingin meminta maaf kepada semua teman sesama nomine,” ujarnya, penuh penyesalan setelah menggampar Chris Rock. “Beberapa menit yang lalu, Denzel berkata kepadaku: Ketika kamu berada dalam momen terbesarmu, hati-hatilah, itulah saat setan datang kepadamu,” tambah Smith.

Setelah meminta maaf di atas panggung 94th Academy Awards, Will Smith kemudian membahas tentang perannya sebagai Richard Williams dalam film King Richard. “Seni mengimitasi hidup. Aku terlihat seperti seorang ayah yang gila seperti Richard Williams. Namun, cinta akan membuat kalian melakukan hal-hal yang gila,” ujarnya.

Seusai mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukungnya, termasuk kepada istri dan ibunya, Will Smith menutup pidato kemenangannya di atas panggung Oscars 2022. “Aku harap Academy mengundangku untuk kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, setelah acara, pihak Academy of Motion Picture and Art Sciences (AMPAS), selaku penyelenggara 94th Academy Awards, langsung merilis sebuah pernyataan resmi. Meski tidak menyebut nama secara eksplisit, mereka mengutuk insiden penamparan Chris Rock oleh Will Smith. “Academy tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apa pun. Malam ini kami dengan gembira merayakan pemenang Academy Awards ke-94 kami yang pantas mendapatkan momen pengakuan ini dari rekan-rekan mereka dan para pencinta film di seluruh dunia,” tulis AMPAS.

Setelah merilis pernyataan resmi, sehari setelah acara Oscars 2022, pihak AMPAS mengambil langkah tegas. Mereka menyatakan bakal melakukan tinjauan formal yang menyeluruh terkait dengan insiden penggaplokan Chris Rock oleh Will Smith. Selain itu, AMPAS juga dikabarkan telah mengadakan pertemuan dengan seluruh anggota dewan pada hari Rabu (30/3) yang lalu. Smith pun terancam mendapat skorsing atau dipecat dari keanggotaannya di AMPAS.

Namun, meski demikian, sebelum AMPAS mengambil tindakan tegas, sehari setelah acara 94th Academy Awards, Will Smith sudah terlebih dulu mengungkapkan rasa penyesalannya dan meminta maaf secara terbuka atas aksinya menempeleng Chris Rock. Selain itu, pada hari Sabtu (2/4) yang lalu, ia juga sudah mengundurkan diri dari keanggotaannya di AMPAS.

Aksi Will Smith menyeplak Chris Rock memang telah mencoreng muka AMPAS. Insiden tersebut menjadi Noktah Merah Oscars dan sukses “menenggelamkan” banyak momen bersejarah yang tercipta saat malam puncak 94th Academy Awards pada 27 Maret 2022 yang lalu. Salah satunya adalah momen bersejarah yang diukir oleh CODA (2021). Film rilisan Apple TV+ tersebut berhasil menyapu bersih kemenangan dari tiga nominasi yang didapatkan: Skenario Adaptasi Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, dan kategori yang paling bergengsi, Film Terbaik, alias Best Picture.

Kemenangan CODA dalam ajang Academy Awards ke-94 ini memang sangat bersejarah. Film yang dibintangi oleh aktris tuli legendaris Marlee Matlin tersebut menjadi film rilisan streaming service pertama yang berhasil memenangkan kategori Best Picture sepanjang sejarah Academy Awards.

Selain bersejarah, kemenangan CODA sebagai Best Picture dalam Oscars 2022 juga cukup mengejutkan. Film yang dibesut oleh sineas wanita Sian Heder tersebut berhasil mengalahkan film yang lebih diunggulkan oleh para kritikus: The Power of the Dog (2021). Yang sebelumnya mendominasi berbagai ajang penghargaan perfilman pada awal tahun 2022 ini.

Saat berpidato di atas panggung 94th Academy Awards, sutradara dan sekaligus penulis skenario Sian Heder mendedikasikan kemenangan CODA untuk komunitas child of deaf adults (disingkat CODA, sesuai dengan judul filmnya), alias anak-anak yang terlahir dari orang tua tuli. Selain itu, dia juga mendedikasikan kemenangannya untuk interpreter bahasa isyarat yang telah membantunya.

Selain menjadi Best Picture dalam ajang Oscars 2022, CODA juga mengantarkan Troy Kotsur menjadi Aktor Pendukung Terbaik. Ia berhasil mencetak rekor sebagai aktor tuli pertama sepanjang sejarah yang memenangkan Piala Oscar. Dan orang tuli kedua yang menang dalam ajang Academy Awards setelah Marlee Matlin pada 1987.

Setelah acara Oscars 2022, saat diwawancarai, Marlee Matlin, yang menjadi lawan main Troy Kotsur dalam CODA, memuji film tersebut. Menurutnya, CODA telah menghadirkan tsunami bagi komunitas dengar (nontuli). Orang-orang nontuli yang sebelumnya mungkin menyepelekan, tanpa berpikir ulang, kini melihat orang-orang tuli dengan segala sisi manusiawi mereka.

Selain Troy Kotsur, yang juga berhasil mencetak sejarah dalam ajang 94th Academy Awards adalah Ariana DeBose. Dia menjadi aktris nonbiner nonkulit putih pertama yang berhasil menjadi pemenang dalam ajang Oscars. Cewek kelahiran 25 Januari 1991 tersebut dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik berkat akting briliannya dalam remake film musikal West Side Story (2021).

Saat menyampaikan pidato di atas panggung Oscars 2022, Ariana DeBose menyatakan bahwa kemenangannya tidak bisa dilepaskan dari aktris idolanya, Rita Moreno. Yang sama-sama berperan sebagai Anita, pacar Bernardo, yang dikisahkan optimistis dengan American Dream-nya. Dulu, Moreno berperan sebagai Anita dalam film West Side Story rilisan tahun 1961.

Selain Ariana DeBose, yang juga berjaya dalam 94th Academy Awards adalah Jessica Chastain. Setelah berkarir selama 18 tahun di Hollywood, dan masuk nominasi Oscars tiga kali, akhirnya, bintang film Molly’s Game (2017) tersebut berhasil membawa pulang Piala Oscar pertamanya. Dia dinobatkan sebagai Aktris Terbaik berkat akting ciamiknya dalam film The Eyes of Tammy Faye (2021).

Untuk kategori individu, para pemenang Oscars 2022 memang datang dari berbagai film. Tidak ada yang dominan. Namun, meski demikian, semuanya menjadi yang serba-pertama bagi Will Smith, Troy Kotsur, Ariana DeBose, dan Jessica Chastain. Semuanya untuk pertama kalinya menang dalam ajang Academy Awards.

Sementara itu, untuk kategori teknis, meski dinobatkan sebagai Best Picture dalam 94th Academy Awards, CODA malah tidak dominan. Yang menjadi penguasanya adalah Dune (2021). Film sci-fi besutan Denis Villeneuve tersebut menjadi pengumpul trofi terbanyak. Total, ada enam kategori yang dimenangkan oleh Dune. Semuanya kategori teknis. Yaitu: Sinematografi, Editing, Tata Suara, Score Orisinal, Desain Produksi, dan Efek Visual Terbaik.

Namun, meski demikian, sayangnya, di antara enam kemenangan Dune dalam ajang Oscars 2022 ini, tidak ada nama Denis Villeneuve. Bahkan, masuk nominasi pun tidak. Oleh karena itu, para kru film Dune kemudian beramai-ramai mempersembahkan piala mereka masing-masing untuk sang sutradara.

Saat diwawancarai di belakang panggung 94th Academy Awards, sinematografer Greig Fraser, yang memenangkan kategori Sinematografi Terbaik, menyatakan bahwa Dune tak bisa dilepaskan dari sosok Denis Villeneuve. Ia menegaskan, Denis is the man. Setiap berita atau apa pun tentang Dune harus diawali dengan kata-kata “Denis Villeneuve”.

Sementara itu, seperti halnya Denis Villeneuve, Zack Snyder juga “berjaya” dalam ajang Oscars 2022. Film zombie besutannya, Army of the Dead (2021), memenangkan penghargaan Oscars Fan Favorite. Selain itu, film superhero DC Comics yang ia garap, Zack Snyder’s Justice League (2021), juga memenangkan penghargaan Oscars Cheer Moment.

Dalam ajang 94th Academy Awards ini, AMPAS memang menghadirkan sebuah penghargaan baru: Oscars Fan Favorite. Siapa pun bisa ikut voting melalui Twitter atau website OscarsFanFavorite.com sebelum 3 Maret 2022 yang lalu. Namun, meski demikian, pemenang penghargaan tersebut tidak mendapatkan trofi.

AMPAS memang berusaha untuk mendekatkan diri dengan para fans. Terutama, para netizen. Mereka ingin membuat acara Oscars 2022 yang lebih meriah daripada tahun-tahun sebelumnya. Selain lewat Oscars Fan Favorite, mereka juga menghadirkan BTS. Boyband asal Korea tersebut muncul sebentar dalam sebuah video rekaman untuk mengungkapkan film-film musikal favorit mereka.

Namun, meski demikian, sayangnya, upaya AMPAS untuk membuat acara 94th Academy Awards lebih meriah dinilai kurang efektif oleh para pengamat. Target durasi tiga jam tak mampu dipenuhi. Acaranya pun menjadi molor dan bertele-tele. Bisa dibilang, ajang Oscars 2022 ini mendapat rapor merah dari para kritikus.

Padahal, untuk mempersingkat durasi acara 94th Academy Awards, AMPAS sampai melakukan taping pembacaan pemenang untuk delapan kategori yang dianggap kurang bergengsi. Namun, meski demikian, praacara yang ditayangkan secara tunda tersebut malah menuai kritik keras dari para sineas dan artis karena berlangsung terlalu datar. Kemeriahan para audiens dinilai tidak terlalu disorot.

Parahnya lagi, saat video rekaman praacara Oscars 2022 tadi ditayangkan, banyak pidato kemenangan yang dipotong pendek. Salah satu keputusan AMPAS yang paling menuai kritik adalah dipotongnya pidato kemenangan sutradara Jepang Ryusuke Hamaguchi. Yang filmnya, Drive My Car (2021), dinobatkan sebagai Film Internasional Terbaik itu.

Selain aksi tamparan Will Smith terhadap Chris Rock, target durasi tiga jam gagal, dan pemotongan pidato kemenangan, penampilan tiga host saat malam puncak Oscars 2022 yang lalu juga menuai kritik. Oleh karena itu, tidak salah jika ada yang bilang bahwa ajang 94th Academy Awards ini berlangsung dengan banyak cela.

Salah satu momen yang paling disorot adalah ketika Amy Schumer, yang menjadi host Oscars 2022 bersama Regina Hall dan Wanda Sykes, mencoba untuk mencairkan suasana dengan melontarkan lawakan tentang seat filler. Yang akhirnya malah membuat suasana menjadi awkward. FYI, seat filler adalah orang yang dibayar untuk mengisi kursi kosong dalam suatu acara agar terlihat penuh.

Saat malam puncak 94th Academy Awards yang lalu, artis yang disebut sebagai seat filler oleh Amy Schumer adalah Kirsten Dunst. Karena bintang The Power of the Dog tersebut gagal menang pada malam itu. Schumer kemudian meminta Dunst berdiri dari kursinya agar dia bisa duduk di sana. Dunst, yang duduk di samping Jesse Plemons, tampak tidak nyaman, tapi bintang film Midnight Special (2016) tersebut menuruti permintaan Schumer. Begitu pula dengan Plemons. Yang menjadi lawan mainnya dalam The Power of the Dog.

Iya, begitulah. Ajang Oscars 2022 akhirnya memang berlangsung kurang sempurna. Namun, meski demikian, untungnya, di karpet merah, para selebritis yang hadir tetap tampil memukau. Pada malam bertabur bintang tersebut, memang tidak gampang untuk menarik perhatian. Oleh karena itu, para artis seolah berlomba-lomba untuk tampil maksimal. Tidak semua tampil glamor. Ada yang tampil simpel dan klasik. Namun, meski demikian, mereka tetap bersinar.

Salah satu selebritis yang menarik perhatian di karpet merah 94th Academy Awards adalah Elliot Page. Cowok yang dulu bernama Ellen Page tersebut tampil necis dengan setelan tuksedo hitam klasik dari Gucci. Saat menjadi presenter di atas panggung, artis yang telah mengakui dirinya sebagai seorang transgender pada 2020 tersebut tampil bersama dua lawan mainnya dalam film Juno (2007): Jennifer Garner dan J.K. Simmons.

Selain Elliot Page, yang juga tampil keren dengan tuksedo hitam klasik dan dasi kupu-kupu di red carpet Oscars 2022 adalah Shawn Mendes. Ia memakai setelan koleksi Dolce & Gabbana. Tahun ini adalah untuk pertama kalinya penyanyi ganteng tersebut hadir dalam ajang Academy Awards. Seperti halnya Page, ia juga bertugas sebagai salah satu presenter.

Di samping para selebritis yang hadir sendirian, seperti halnya Elliot Page dan Shawn Mendes tadi, red carpet 94th Academy Awards juga dihiasi oleh para pasangan selebritis. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah pasangan Kristen Stewart, alias K-Stew, dan tunangannya, yang sesama cewek itu, Dylan Meyer.

Berbeda dari aktris-aktris lainnya, yang nyaris semuanya bergaun panjang di karpet merah Oscars 2022, Kristen Stewart memilih bercelana pendek. Bintang film Underwater (2020) tersebut memadukannya dengan kemeja chiffon putih, yang kancing bagian atasnya terbuka, dan blazer satin hitam dari Chanel. Selain itu, seperti biasa, penampilan mantan pacar Robert Pattinson tersebut juga semakin nge-rock dengan make-up mata smokey yang menjadi ciri khasnya.

Selain Kristen Stewart dan Dylan Meyer, “pasangan” yang juga menarik perhatian di karpet merah 94th Academy Awards adalah Zendaya dan Andrew Garfield. Iya, kali ini, Zendaya memang tampil tanpa pacarnya, Tom Holland. Namun, meski demikian, dia tampak sangat mesra dengan Garfield. Yang merupakan pemeran Peter Parker, alias Spider-Man, seperti halnya Holland itu. Momen tersebut mengingatkan para fans pada adegan ketika Spidey versi Garfield menyelamatkan MJ (Zendaya), yang terjatuh dari reruntuhan bangunan, dalam film Spider-Man: No Way Home (2021). Yang menghebohkan itu.

Demikianlah sekelumit ulasan tentang Academy Awards yang ke-94. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar pemenangnya:

Best Picture
Winner: CODA
The Power of the Dog
West Side Story
Belfast
Dune
Licorice Pizza
King Richard
Don’t Look Up
Drive My Car
Nightmare Alley

Best Actress in a Leading Role
Winner: Jessica Chastain – The Eyes of Tammy Faye
Olivia Colman – The Lost Daughter
Nicole Kidman – Being the Ricardos
Kristen Stewart – Spencer
Penelope Cruz – Parallel Mothers

Best Actor in a Leading Role
Winner: Will Smith – King Richard
Benedict Cumberbatch – The Power of the Dog
Andrew Garfield – Tick, Tick… Boom!
Denzel Washington – The Tragedy of Macbeth
Javier Bardem – Being the Ricardos

Best Actress in a Supporting Role
Winner: Ariana DeBose – West Side Story
Kirsten Dunst – The Power of the Dog
Aunjanue Ellis – King Richard
Dame Judi Dench – Belfast
Jessie Buckley – The Lost Daughter

Best Actor in a Supporting Role
Winner: Troy Kotsur – CODA
Kodi Smit-McPhee – The Power of the Dog
Ciarán Hinds – Belfast
Jesse Plemons – The Power of the Dog
J.K. Simmons – Being the Ricardos

Best Directing
Winner: Jane Campion – The Power of the Dog
Paul Thomas Anderson – Licorice Pizza
Steven Spielberg – West Side Story
Sir Kenneth Branagh – Belfast
Ryusuke Hamaguchi – Drive My Car

Best Original Screenplay
Winner: Belfast – Sir Kenneth Branagh
Licorice Pizza – Paul Thomas Anderson
King Richard – Zach Baylin
Don’t Look Up – Adam McKay (story by McKay and David Sirota)
The Worst Person in the World – Joachim Trier and Eskil Vogt

Best Adapted Screenplay
Winner: CODA – Sian Heder
The Power of the Dog – Jane Campion
The Lost Daughter – Maggie Gyllenhaal
Dune – Jon Spaihts, Denis Villeneuve and Eric Roth
Drive My Car – Ryusuke Hamaguchi and Takamasa Oe

Best Animated Feature Film
Winner: Encanto
Luca
The Mitchells vs. the Machines
Flee
Raya and the Last Dragon

Best Documentary Feature
Winner: Summer of Soul
Flee
Ascension
Attica
Writing with Fire

Best International Feature Film
Winner: Drive My Car (Japan)
The Worst Person in the World (Norway)
Flee (Denmark)
The Hand of God (Italy)
Lunana: A Yak in the Classroom (Bhutan)

Best Original Song
Winner: No Time to Die – No Time to Die (Billie Eilish and Finneas O’Connell)
Dos Oruguitas – Encanto (Lin-Manuel Miranda)
Be Alive – King Richard (Beyoncé Knowles-Carter and Dixson)
Belfast – Down to Joy (Van Morrison)
Somehow You Do – Four Good Days (Diane Warren)

Best Original Score
Winner: Dune – Hans Zimmer
The Power of the Dog – Jonny Greenwood
Don’t Look Up – Nicholas Britell
Encanto – Germaine Franco
Parallel Mothers – Alberto Iglesias

Best Sound
Winner: Dune – Mac Ruth, Mark Mangini, Theo Green, Doug Hemphill and Ron Bartlett
West Side Story – Tod A Maitland, Gary Rydstrom, Brian Chumney, Andy Nelson and Shawn Murphy
No Time to Die – Simon Hayes, Oliver Tarney, James Harrison, Paul Massey and Mark Taylor
Belfast – Denise Yarde, Simon Chase, James Mather and Niv Adiri
The Power of the Dog – Richard Flynn, Robert Mackenzie and Tara Webb

Best Cinematography
Winner: Dune – Greig Fraser
The Power of the Dog – Ari Wegner
The Tragedy of Macbeth – Bruno Delbonnel
Nightmare Alley – Dan Laustsen
West Side Story – Janusz Kaminski

Best Visual Effects
Winner: Dune – Paul Lambert, Tristan Myles, Brian Connor, Gerd Nefzer
Free Guy – Swen Gillberg, Bryan Grill, Nikos Kalaitzidis, Dan Sudick
Spider-Man: No Way Home – Kelly Port, Chris Waegner, Scott Edelstein and Dan Sudick
Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings – Christopher Townsend, Joe Farrell, Sean Noel Walker and Dan Oliver
No Time to Die – Charlie Noble, Joel Green, Jonathan Fawkner, Chris Corbould

Best Film Editing
Winner: Dune – Joe Walker
The Power of the Dog – Peter Sciberras‎
Don’t Look Up – Hank Corwin
King Richard – Pamela Martin
Tick, Tick… Boom! – Myron Kerstein and Andrew Weisblum

Best Costume Design
Winner: Cruella – Jenny Beavan
Dune – Jacqueline West and Bob Morgan
West Side Story – Paul Tazewell
Nightmare Alley – Luis Sequeira
Cyrano – Massimo Cantini Parrini and Jacqueline Durran

Best Production Design
Winner: Dune – Patrice Vermette and Zsuzsanna Sipos
Nightmare Alley – Tamara Deverell and Shane Vieau
West Side Story – Adam Stockhausen and Rena DeAngelo
The Tragedy of Macbeth – Stefan Dechant and Nancy Haigh
The Power of the Dog – Grant Major and Amber Richards

Best Makeup & Hairstyling
Winner: The Eyes of Tammy Faye – Linda Dowds, Stephanie Ingram and Justin Raleigh
Dune – Donald Mowat, Love Larson and Eva von Bahr
Cruella – Nadia Stacey, Naomi Donne and Julia Vernon
Coming 2 America – Mike Marino, Stacey Morris and Carla Farmer
House of Gucci – Goran Lundstrom, Anna Carin Lock and Frederic Aspiras

Best Live Action Short Film
Winner: The Long Goodbye
Ala Kachuu – Take and Run
The Dress
On My Mind
Please Hold

Best Animated Short Film
Winner: The Windshield Wiper
Affairs of the Art
Bestia
Boxballet
Robin Robin

Best Documentary Short Subject
Winner: The Queen of Basketball
Audible
Lead Me Home
Three Songs for Benazir
When We Were Bullies

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Ulasan Film: The 94th Academy Awards – 2022 Oscars Winners

2 thoughts on “Ulasan Film: The 94th Academy Awards – 2022 Oscars Winners

Leave a comment