Preview Film: Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Berawal dari sebuah novel karya Michael Crichton, Jurassic Park kemudian berubah menjadi salah satu franchise tersukses dalam sejarah perfilman. Bahkan, seri pertamanya, yang dirilis pada 1993, sempat menjadi film terlaris sepanjang masa. Sebelum, akhirnya, digeser oleh Titanic pada 1997. Semua itu berkat Universal Studios. Yang membeli hak untuk mengangkat kisahnya ke layar lebar pada 1990 silam.

Total, hingga saat ini, franchise Jurassic telah menelurkan lima film: Jurassic Park (1993), The Lost World: Jurassic Park (1997), Jurassic Park III (2001), dan Jurassic World (2015). Serta, yang terbaru, Jurassic World: Fallen Kingdom (2018). Yang mulai tayang di Indonesia pada hari Rabu (6/6) ini. Sementara itu, film keenamnya (sebut saja Jurassic World 3) bakal menyusul pada 2021 nanti.

Sejauh ini, franchise Jurassic memang terbagi menjadi dua trilogi. Yang pertama adalah trilogi Jurassic Park. Yang dulu dipawangi oleh sutradara legendaris Steven Spielberg itu. Lalu, yang kedua, yang saat ini sedang berjalan, adalah trilogi Jurassic World besutan Colin Trevorrow.

Kisah Jurassic World: Fallen Kingdom sendiri masih merupakan lanjutan dari film pendahulunya. Selain itu, dua tokoh utamanya juga masih sama: Owen Grady (Chris Pratt) dan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard). Bagi yang sudah lupa, atau belum sempat menontonnya, Jurassic World (2015) berkisah tentang sebuah taman raksasa dinosaurus. Yang dibangun di sebuah pulau bernama Isla Nubar. Yang terletak di Amerika Tengah. Yang dikelola oleh Claire Dearing selaku operations manager di sana.

Semula, semuanya berjalan lancar. Dikisahkan, Jurassic World ramai dikunjungi oleh ribuan wisatawan dari seluruh dunia. Setiap hari. Semacam Disney World, tapi versi dinosaurus. Namun, pada suatu ketika, ada seekor dinosaurus ganas dan cerdas, hasil kloning, yang lepas dari sangkarnya. Makhluk zaman pra-sejarah yang dinamai Indominus Rex tersebut kemudian mengamuk. Lalu menyerang para pengunjung Jurassic World.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab, Claire Dearing lantas meminta bantuan mantan pacarnya: Owen Grady. Seorang mantan tentara Navy yang juga menjadi pawang dinosaurus di Jurassic World. Singkat cerita, Owen dan Claire, akhirnya, berhasil mengatasi Indominus Rex. Para pengunjung kemudian dievakuasi untuk meninggalkan Jurassic World, sedangkan para dinosaurus yang tersisa dibiarkan hidup tenang di Isla Nubar.

Tiga tahun berselang, kisah Jurassic World: Fallen Kingdom pun dimulai. Tepatnya, ketika, tiba-tiba, terjadi bencana letusan gunung berapi di Isla Nubar. Yang mengancam keberadaan para dinosaurus yang hidup di sana. Claire Dearing, yang dikisahkan sudah menjadi pemimpin organisasi Dinosaur Protection Group, ingin menyelamatkan para makhluk purba tersebut. Misinya adalah mengevakuasi para dinosaurus dari Isla Nubar. Ke sebuah tempat penampungan. Entah di mana. Mungkin, di Amerika. Yang pasti, bukan di hatimu. Atau di hati pacar kamu. Yang mukanya kayak T-Rex itu. #curcol

Claire Dearing pun kembali mengajak mantan pacarnya, Owen Grady, untuk menjalankan misi penyelamatan para dinosaurus dari Jurassic World. Dan, meski awalnya enggan, akhirnya, Owen luluh juga. Ia bersedia balik ke Isla Nubar. Bujuk rayu seorang mantan memang sulit ditolak. #curcol

Yang menjadi misi utama Claire Dearing dan Owen Grady, kali ini, adalah keselamatan dan kelestarian spesies-spesies langka dinosaurus. Selain itu, Owen juga ingin mencari Blue. Velociraptor terakhir yang tertinggal di Isla Nubar. Yang dulu ia rawat dan latih sejak masih bayi. Saat Owen masih menjadi pawang dinosaurus di Jurassic World.

Btw, saat diwawancarai tahun lalu, Chris Pratt, pemeran Owen Grady, menyatakan bahwa Jurassic World: Fallen Kingdom bakal lebih kelam, dan menakutkan, bila dibandingkan dengan film yang pertama dulu. Selain itu, plotnya juga tidak bisa diprediksi. Film yang kedua ini bakal punya kejutan seru. Yang akan membawa franchise Jurassic ke arah yang baru.

Sementara itu, selaku lawan main Chris Pratt, Bryce Dallas Howard (BDH) menyatakan, Jurassic World: Fallen Kingdom adalah tipe film Jurassic klasik. Yang bakal menampilkan lebih banyak dinosaurus. Yang lebih mengerikan daripada film pertamanya dulu. Film yang kedua ini adalah film tentang dinosaurus dan para keluarganya.

Dalam film Jurassic World yang pertama dulu, salah satu adegan yang paling menarik perhatian adalah ketika Claire Dearing (yang diperankan BDH), yang mengenakan high heels, lari terbirit-birit dikejar raptor! Nah, dalam sekuel film Jurassic World: Fallen Kingdom ini, dia bakal tetap mempertahankan ciri khas tersebut. Padahal, dalam skenarionya, tertulis dia hanya memakai sneakers. BDH menegaskan, dia tidak merasa tersiksa meski harus berlari dengan sepatu seperti itu.

Dalam trailer perdana Jurassic World: Fallen Kingdom yang dirilis oleh Universal Pictures, memang tampak kepanikan melanda Isla Nubar. Para dinosaurus terlihat pada lari tunggang-langgang. Mereka pada menyelamatkan diri masing-masing dari letusan gunung berapi. Begitu pula dengan Owen Grady, Claire Dearing, dan tim penyelamat yang menyertai mereka.

Sementara itu, dalam final trailer Jurassic World: Fallen Kingdom yang dirilis pada bulan Mei yang lalu, muncul seorang tokoh baru. Yang diperankan oleh James Cromwell. Yaitu: Sir Benjamin Lockwood. Yang merupakan mantan partner John Hammond (Richard Attenborough). Yang dulu membangun Jurassic Park itu. Dikisahkan, Lockwood-lah yang telah mengembangkan teknologi untuk mengkloning dinosaurus. Salah satu hasilnya adalah Indominus Rex. Yang, akhirnya, meluluhlantakkan theme park Jurassic World dalam film yang pertama dulu.

Selain itu, dalam trailer Jurassic World: Fallen Kingdom, juga tampak adegan ketika seekor dinosaurus sedang menyerang pemukiman penduduk. Diyakini, dino tersebut adalah Indoraptor versi hybrid. Yang jauh lebih ganas, lebih cepat, dan lebih besar daripada Velociraptor. Apakah Indoraptor tersebut juga merupakan hasil percobaan yang dilakukan oleh Sir Benjamin Lockwood? Konspirasi jahat apa yang sebenarnya ada di balik misi penyelamatan para dinosaurus dari Isla Nubar?

Btw, dalam Jurassic World: Fallen Kingdom, selain Sir Benjamin Lockwood, sebagai tokoh baru, juga ada cucunya. Yang masih abege. Yaitu: Maisie (Isabella Sermon). Yang, dikisahkan, sangat mencintai dinosaurus seperti sang kakek. Selama ini, franchise Jurassic memang selalu menampilkan tokoh anak-anak untuk menarik penonton remaja.

Di samping para tokoh baru tadi, yang cukup mengejutkan, dalam Jurassic World: Fallen Kingdom, juga kembali muncul tokoh baru, tapi lama. Yaitu: Dr. Ian Malcolm. Karakter yang diperankan oleh Jeff Goldblum tersebut sempat menjadi sosok sentral dalam Jurassic Park (1993) dan The Lost World (1997). Namun, dalam film Jurassic World yang kedua ini, ahli matematika dan chaos theory tersebut hanya tampil sekilas. Sebagai cameo. Ia terlihat sedang menjelaskan tentang etika, sains, dan eksploitasi.

Bila dibandingkan film pendahulunya, Jurassic World: Fallen Kingdom memang menghadirkan perbedaan yang cukup besar. Kursi sutradaranya tidak lagi diduduki oleh Colin Trevorrow. Yang, dalam film yang kedua ini, hanya menjadi penulis skenarionya. Posisinya digantikan oleh Juan Antonio Bayona. Sineas asal Spanyol tersebut, sebenarnya, sudah diincar oleh Universal Pictures untuk membesut film pertama Jurassic World sejak lama. Namun, saat itu, ia menolak. Karena merasa belum waktunya.

J.A. Bayona baru menyambut tawaran Universal Pictures setelah proyek Jurassic World: Fallen Kingdom akan dimulai. Salah satunya, karena ia merasa memiliki visi yang sama dengan Colin Trevorrow. Yang merupakan sutradara pendahulunya itu. Berkat arahan Bayona, film yang kedua ini, disebut-sebut, bakal lebih seram daripada film pertamanya. Hal itu ditunjang oleh track record Bayona. Yang sudah berpengalaman menghasilkan film horror. Salah satunya, yang cukup terkenal, adalah Orphanage (2007).

Saat diwawancarai, J.A. Bayona mengaku ingin mengembalikan rasa takut, dan tegang, seperti yang dulu menghiasi film asli Jurassic Park (1993). Oleh karena itu, ia sangat senang bisa menambahkan ketegangan dan, bahkan, horror dalam trilogi baru Jurassic World. Menurut Bayona, film kedua dari sebuah trilogi memang seharusnya dibuat lebih kelam daripada film pertamanya. Ia mengambil contoh The Empire Strikes Back (1980) dalam trilogi perdana franchise Star Wars.

Sementara itu, saat diwawancarai tahun lalu, selaku arsitek utama dari proyek baru franchise Jurassic, Colin Trevorrow menyatakan, Jurassic World memang direncanakan untuk menjadi sebuah trilogi. Bahkan, ia sudah meminta restu dari Steven Spielberg, yang notabene adalah kreator Jurassic Park itu, sebelum menjalankan rencananya.

Dalam menulis skenario Jurassic World: Fallen Kingdom, Colin Trevorrow mengaku banyak terinspirasi dari film spionase Bridge of Spies (2015). Ia menambahkan banyak aspek suspense dalam film yang kedua ini. Alhasil, para karakternya akan selalu dikepung oleh teror yang sangat mencekam.

Selain itu, meski nantinya bakal berlanjut ke film yang ketiga, selaku penulis naskahnya, Colin Trevorrow menjamin ending Jurassic World: Fallen Kingdom tidak akan menggantung. Namun, plotnya sudah ia desain sedemikian rupa. Agar penonton penasaran untuk menunggu kelanjutannya tiga tahun lagi.

Secara box office, Colin Trevorrow, yang bakal kembali sebagai sutradara untuk seri ketiganya nanti, menargetkan Jurassic World: Fallen Kingdom bisa sesukses pendahulunya. Yang berhasil meraup pendapatan hingga USD 1,6 miliar. Yang menjadi film terlaris kelima sepanjang masa itu.

Setelah dirilis pada 2015 yang lalu, Jurassic World memang sukses besar. Berhasil menjadi film dengan pendapatan tertinggi kedua pada tahun itu. Di bawah Star Wars: The Force Awakens. Meski, secara kualitas, film yang pertama tersebut, sebenarnya, nggak bagus-bagus amat.

Kali ini, belum diketahui bagaimana respon dari para kritikus. Karena Jurassic World: Fallen Kingdom memang baru akan dirilis di Amerika pada 22 Juni 2018 nanti. Namun, neski demikian, dari hasil screening terbatas yang dihelat di Madrid, Spanyol, pada 21 Mei yang lalu, sambutan dari penonton cukup apik. Film yang dirilis di Spanyol dengan judul Jurassic World: El Reino Caido ini dinilai lebih keren daripada film pertamanya dulu. Terutama, pada bagian visualisasi dan musiknya. Yang, kabarnya, menakjubkan. Yang, pokoknya, bakal membuat penonton melek sepanjang film.

Sementara itu, para moviemania di Indonesia cukup beruntung. Karena bisa menikmati Jurassic World: Fallen Kingdom dua pekan lebih awal. Mungkin, untuk menyambut momen Lebaran. Namun, ada juga yang bilang, hal itu merupakan strategi khusus dari Universal Pictures untuk menghadapi Piala Dunia 2018.

FIFA World Cup 2018 memang bakal dimulai di Rusia pada 14 Juni mendatang. Tentu saja, hal itu berpotensi membelah konsentrasi para moviemania yang juga penggemar sepak bola. Oleh karena itu, Universal Pictures mengambil kebijakan untuk merilis Jurassic World: Fallen Kingdom dua pekan lebih awal. Terutama, di negara-negara yang penggemar sepak bolanya banyak. Indonesia bukan satu-satunya. Total, ada 43 negara di Asia dan Eropa yang mendapatkan prioritas tersebut.

Akan tetapi, meski demikian, terlepas dari segala macam strategi yang diluncurkan oleh Universal Studios, kita tunggu saja: Apakah, pada akhirnya, aksi para dinosaurus binaan J.A. Bayona dalam Jurassic World: Fallen Kingdom bisa sedahsyat film pertamanya dulu? Karena, yang namanya mengulang kesuksesan itu, biasanya, memang lebih sulit daripada saat membangunnya.

***

Jurassic World: Fallen Kingdom

Sutradara: J. A. Bayona
Produser: Frank Marshall, Patrick Crowley, Belén Atienza
Penulis Skenario: Colin Trevorrow, Derek Connolly
Berdasarkan: Para karakter ciptaan Michael Crichton
Pemain: Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Rafe Spall, Justice Smith, Daniella Pineda, James Cromwell, Toby Jones, Ted Levine, B. D. Wong, Isabella Sermon, Geraldine Chaplin, Jeff Goldblum
Musik: Michael Giacchino
Sinematografi: Óscar Faura
Penyunting: Bernat Vilaplana
Produksi: Universal Pictures, Amblin Entertainment, The Kennedy/Marshall Company, Legendary Pictures
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 128 menit
Rilis: 21 Mei 2018 (WiZink Center), 6 Juni 2018 (Indonesia), 22 Juni 2018

Rating (hingga 4 Juni 2018)
IMDb: 8,2/10

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

One thought on “Preview Film: Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Leave a comment