Preview Film: Ocean’s 8 (2018)

Deretan film musim panas sudah mulai muncul. Para moviemania di Indonesia cukup beruntung karena bisa menikmatinya lebih awal. Setelah Jurassic World: Fallen Kingdom, yang dirilis kemarin, pada hari Jumat (8/6) ini, giliran Ocean’s 8. Yang disebut-sebut sebagai calon film paling stylish dan fashionable pada tahun 2018 ini.

Salah satu penyebab kenapa Ocean’s 8 begitu ditunggu adalah deretan bintangnya. Yang semuanya adalah wanita. Ada delapan aktris top. Yang semuanya merupakan ratu red carpet di Hollywood. Sebut saja: Sandra Bullock, Cate Blanchett, Helena Bonham Carter, Sarah Paulson, Mindy Kaling, Awkwafina, Rihanna, dan, yang paling dinanti, Anne Hathaway.

Ocean’s 8 sendiri merupakan spin-off dari Ocean’s Trilogy: Ocean’s Eleven (2001), Ocean’s Twelve (2004), dan Ocean’s Thirteen (2007). Yang legendaris itu. Yang dibintangi oleh para aktor top itu. Sebut saja: George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon, Andy Garcia, Al Pacino, dll.

Bisa dibilang, Ocean’s 8 adalah versi cewek dari Ocean’s 11. Dan, rencananya, seperti pendahulunya, film ini juga bakal dikembangkan menjadi sebuah trilogi. Jadi, siap-siap saja menyambut Ocean’s 9 dan Ocean’s 10 pada masa mendatang. Apalagi, jika Ocean’s 8 bisa sukses secara box office.

Bagi yang sudah lupa, Ocean’s Trilogy merupakan franchise film heist comedy. Yang diadaptasi dari film jadul berjudul Ocean’s 11 (1960). Franchise film tersebut mengisahkan sekelompok maling profesional. Yang dipimpin oleh Danny Ocean (George Clooney). Yang diperkuat oleh partner-in-crime-nya yang sama-sama ganteng: Rusty Ryan (Brad Pitt).

Awalnya, dikisahkan, anggota tim maling Danny Ocean memang berjumlah 11 orang. Yang semuanya laki-laki. Namun, kemudian berkembang menjadi 12 dan 13 orang. Sesuai dengan judul filmnya. Keahlian mereka adalah merencanakan dan melaksanakan aksi pencurian besar-besaran. Dengan cara yang kocak dan seru. Semacam Mission: Impossible, tapi versi maling.

Nah, seperti franchise film pendahulunya, Ocean’s 8 juga sama: Mengisahkan sekelompok maling profesional. Namun, kali ini, semua anggotanya cewek. Yang menjadi pemimpinnya adalah Debbie Ocean (Sandra Bullock). Adik dari maling legendaris Danny Ocean. Yang dulu diperankan oleh George Clooney itu.

Jadi, ceritanya, si Debbie Ocean baru keluar dari penjara. Namun, seperti abangnya dulu, dia nggak kapok. Malah, maling cewek tersebut langsung merencanakan aksi perampokan. Yang, bisa dibilang, terbesar pada abad ini. Karena targetnya memang nggak main-main: Seuntai kalung berlian. Yang harganya USD 150 juta.

Untuk melaksanakan misi pencurian kalung berlian tersebut, dikisahkan, Debbie Ocean dibantu oleh partner-in-crime-nya: Lou (Cate Blanchett). Iya, bisa dibilang, sosok Lou itu semacam Rusty bagi Danny dalam Ocean’s Trilogy dulu.

Kalung berlian supermahal yang menjadi incaran Debbie Ocean, dikisahkan, bakal dikenakan oleh selebritis Daphne Kluger (Anne Hathaway). Dalam ajang fashion tahunan paling glamour sedunia: Met Gala. Yang, biasanya, dihelat setiap hari Senin pertama pada bulan Mei di New York City.

Debbie Ocean dan Lou kemudian merekrut lima maling profesional lain untuk bergabung dalam tim mereka. Yang semuanya cewek. Dengan berbagai macam keahlian. Ada jewelry maker, ada fashion designer, ada technical genius, ada yang murni maling, dan ada juga yang cuma ibu rumah tangga.

Seperti tim maling cowok yang dulu dibentuk abangnya, tim maling cewek bentukan Debbie Ocean juga terdiri dari berbagai ras. Selain dirinya dan Lou, yang merupakan bule Amerika, juga ada bule Aussie, oriental, dan kulit item. Yaitu: Amita (Mindy Kaling), Tammy (Sarah Paulson), Constance (Awkwafina), Rose Weil (Helena Bonham Carter), dan Nine Ball (Rihanna).

Ocean’s 8 pun tercatat sebagai film blockbuster pertama yang seluruh bintangnya cewek. Selain itu, film berbujet USD 70 juta ini juga semakin spesial karena timing-nya pas dengan gerakan #MeToo. Yang, saat ini, sedang marak di Hollywood itu.

Akan tetapi, meski demikian, sebenarnya, Ocean’s 8 bukan sengaja dibuat untuk mendukung #MeToo. Hanya saja, waktu perilisannya memang kebetulan berbarengan dengan gerakan yang memperjuangkan keadilan bagi kaum perempuan tersebut. Proses syuting film ini, yang dimulai pada Oktober 2016, sudah selesai sebelum isu #MeToo mencuat.

Menurut Sandra Bullock, selaku bintang utama Ocean’s 8, isu #MeToo memang masih layak diperbincangkan. Oleh karena itu, dia berharap Ocean’s 8 bisa sukses. Sehingga memicu Hollywood untuk membuat lebih banyak film seperti ini tanpa membicarakan gender.

Sandra Bullock mengaku, terakhir kali dia bermain dalam film yang penuh dengan perempuan itu saat syuting Practical Magic (1998). Sudah cukup lama. Begitu pula dengan Cate Blanchett. Yang, sebelum Ocean’s 8, sering menjadi satu-satunya cewek di lokasi syuting. Namun, kali ini, memang beda.

Kembali ke kisah Ocean’s 8. Menurut Cate Blanchett, dalam film ini, penonton bakal mendapat sedikit kilasan sejarah dari Ocean’s Trilogy. Namun, meski demikian, cerita Ocean’s 8 berdiri sendiri. Kita bakal tetap bisa menikmatinya tanpa harus menonton tiga film sebelumnya terlebih dahulu.

Bagi para fans Ocean’s Trilogy jadul, ada sedikit petunjuk mengenai nasib tokoh utamanya. Dalam trailer Ocean’s 8 yang dirilis beberapa waktu yang lalu, tampak Debbie Ocean sedang duduk di depan sebuah batu marmer putih besar. Yang terlihat seperti batu nisan Danny Ocean. Apakah karakter yang diperankan oleh George Clooney tersebut sudah mati? *kraiii*

Btw, selain Sandra Bullock dan Cate Blanchett, dua bintang yang paling ditunggu penampilannya dalam Ocean’s 8 adalah Rihanna dan Anne Hathaway. Meski lebih dikenal sebagai penyanyi top, Rihanna memang sudah berpengalaman dalam bermain film. Bahkan, sampai beberapa kali. Sebut saja: Battleship (2012), Annie (2014), dan Valerian (2017).

Dalam Ocean’s 8, Rihanna berperan sebagai Nine Ball. Cewek jenius berambut gimbal. Alias dreadlocks. Gaya rambut tersebut merupakan keinginannya sendiri. Rihanna meminta sang hairstylist, Yusef Williams, untuk menonjolkan ciri khas gadis Karibia. Rambut gimbal tersebut akan membantunya untuk terikat dengan Karibia. Tempat asalnya. Selain itu, Rihanna juga tetap mempertahankan aksen bicaranya. Dalam film ini, sosok Nine Ball memang digambarkan sebagai gadis Karibia yang hidup di Amerika.

Menurut Yusef Williams, rambut gimbal Rihanna bakal membuat karakter Nine Ball dalam Ocean’s 8 terlihat keren dan sederhana. Untuk itu, ia membuat model rambut seperti penyanyi reggae. Yang panjang. Yang dibiarkan lepas tanpa ikatan. Selain itu, agar terlihat sehat dan kuat, ia juga menggunakan shea butter dan jintan hitam. (Nggak sekalian pake urang-aring, Mz? Hehe..)

Bagi Rihanna, yang selama ini terbiasa dengan rambut pendek, model rambut gimbal panjang tentu mempunyai tantangan tersendiri. Setiap akan menjalani syuting Ocean’s 8, rambutnya ditata oleh empat orang. Bahkan, butuh waktu selama tiga jam hingga selesai! Namun, meski demikian, Rihanna mengaku tidak kapok. Bahkan, Yusef Williams yakin: Kelak, Riri akan kembali menggimbal rambutnya. Tidak hanya dalam film Ocean’s 8 ini, tapi juga saat menyanyi. Atau saat tampil sehari-hari.

Sementara itu, Anne Hathaway, tampaknya, bakal menjadi villain yang cukup dibenci. Karena karakter Daphne, yang dia perankan dalam Ocean’s 8, merupakan artis terkenal yang suka melontarkan cacian. Alias misuh-misuh. Sosoknya sangat berlawanan dengan tokoh gadis lugu yang dulu Anne mainkan dalam Devil Wears Prada (2006). Meski keduanya sama-sama berkutat di dunia fashion.

Selain kecantikannya, yang juga menarik disimak dari sosok Daphne adalah kalung berlian yang dia kenakan. Yang menjadi target pencurian Debbie dkk. Kalung bernama the Jeanne Toussaint tersebut bertaburkan berlian biru-putih. The Queen of Holland. Seberat 136,25 karat. Yang dikenal sebagai permata paling mahal di dunia. Yang diciptakan oleh Jacques Cartier pada 1931 untuk Maharaja of Nawanagar.

Untuk keperluan Ocean’s 8, Cartier memang digaet sebagai partner resmi. Para artist dari brand perhiasan mewah asal Prancis tersebut kemudian membuat replika Toussaint. Di workshop perhiasan yang paling tenar: Di Rue de la Paix, Paris. Mereka butuh waktu delapan minggu untuk menyelesaikan kalung tiruan tersebut. Hingga persis seperti desain aslinya.

Di samping delapan bintang cantik, dan satu kalung berlian termahal di dunia, Ocean’s 8 juga bakal dihiasi oleh berbagai cameo terkenal. Yang pasti muncul adalah Matt Damon. Yang mengulang perannya sebagai Linus Caldwell. Salah satu tokoh kunci dari Ocean’s Trilogy dulu.

Selain Matt Damon, kabarnya, juga banyak public figure, dari berbagai macam profesi, yang bakal nongol sekilas dalam Ocean’s 8. Sebut saja: Zayn Malik, Katie Holmes, Maria Sharapova, Serena Williams, Adriana Lima, Kim Kardashian, Kylie Jenner, Kendall Jenner, Olivia Munn, dll.

Dan, hasilnya, setelah menggelar gala premiere di Alice Tully Hall, New York City, pada hari Selasa (5/6) kemarin, Ocean’s 8 mendapat respon cukup positif dari para kritikus. Film berdurasi 110 menit ini dinilai cukup menghibur dan enak ditonton. Terutama, berkat penampilan apik para bintangnya dan chemistry yang kuat di antara mereka.

***

Ocean’s 8

Sutradara: Gary Ross
Produser: Steven Soderbergh, Susan Ekins
Penulis Skenario: Gary Ross, Olivia Milch
Pengarang Cerita: Gary Ross
Berdasarkan: Para karakter ciptaan George Clayton Johnson, Jack Golden Russell
Pemain: Sandra Bullock, Cate Blanchett, Anne Hathaway, Mindy Kaling, Sarah Paulson, Awkwafina, Rihanna, Helena Bonham Carter
Musik: Daniel Pemberton
Sinematografi: Eigil Bryld
Penyunting: Juliette Welfling
Produksi: Warner Bros. Pictures, Village Roadshow Pictures, Smoke House Pictures, Larger Than Life Productions
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 110 menit
Budget: USD 70 juta
Rilis: 5 Juni 2018 (Alice Tully Hall), 8 Juni 2018 (Indonesia & Amerika Serikat)

Rating (hingga 7 Juni 2018)
Rotten Tomatoes: 79%
Metacritic: 61/100

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Ocean’s 8 (2018)

Leave a comment