Preview Film: Ocean’s 8 (2018)

Deretan film musim panas sudah mulai muncul. Para moviemania di Indonesia cukup beruntung karena bisa menikmatinya lebih awal. Setelah Jurassic World: Fallen Kingdom yang dirilis kemarin, hari Jumat (8/6) ini giliran Ocean’s 8. Yang disebut-sebut sebagai calon film paling stylish dan fashionable tahun ini.

Salah satu penyebab kenapa Ocean’s 8 begitu ditunggu adalah deretan bintangnya. Yang semuanya adalah wanita. Ada delapan aktris top. Yang semuanya merupakan ratu red carpet di Hollywood. Sebut saja: Sandra Bullock, Cate Blanchett, Helena Bonham Carter, Sarah Paulson, Mindy Kaling, Awkwafina, Rihanna, dan yang paling dinanti: Anne Hathaway.

Ocean’s 8 sendiri merupakan spin-off dari Ocean’s Trilogy: Ocean’s Eleven (2001), Ocean’s Twelve (2004), dan Ocean’s Thirteen (2007). Yang legendaris itu. Yang dibintangi para aktor top itu. Sebut saja: George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon, Andy Garcia, Al Pacino, dll.

Bisa dibilang, Ocean’s 8 adalah versi cewek dari Ocean’s 11. Dan rencananya juga bakal dibuat menjadi trilogi. Jadi, siap-siap saja menyambut Ocean’s 9 dan Ocean’s 10 di masa mendatang. Apalagi, jika Ocean’s 8 bisa sukses secara box office.

Bagi yang sudah lupa, Ocean’s Trilogy merupakan franchise heist comedy. Yang diadaptasi dari film jadul berjudul Ocean’s 11 (1960). Yang mengisahkan sekelompok maling profesional. Yang dipimpin oleh Danny Ocean (George Clooney). Dan partner-in-crime-nya yang sama-sama ganteng: Rusty Ryan (Brad Pitt).

Awalnya, jumlah tim maling Ocean berjumlah 11 orang. Semuanya laki-laki. Lalu, berkembang menjadi 12 dan 13 orang. Sesuai dengan judul filmnya. Keahlian mereka adalah merencanakan dan melaksanakan aksi pencurian besar-besaran. Dengan cara yang kocak dan seru. Semacam Mission: Impossible, tapi versi maling.

Nah, Ocean’s 8 ini juga sama. Mengisahkan sekelompok maling profesional. Tapi, kali ini, semuanya cewek. Dipimpin oleh Debbie Ocean (Sandra Bullock). Adik dari Danny Ocean. Maling legendaris yang dulu diperankan oleh George Clooney.

Jadi, ceritanya, si Debbie baru keluar dari penjara. Tapi, seperti abangnya, dia nggak kapok. Malah, langsung merencanakan aksi perampokan. Bisa dibilang, yang terbesar di abad ini. Karena targetnya nggak main-main: Seuntai kalung berlian. Yang harganya USD 150 juta. Yang bakal dikenakan selebritis Daphne Kluger (Anne Hathaway). Di ajang fashion tahunan paling glamour sedunia: Met Gala. Yang biasanya dihelat setiap hari Senin pertama di bulan Mei. Di New York City.

Untuk melaksanakan misi tersebut, Debbie dibantu oleh partner-in-crime-nya: Lou (Cate Blanchett). Bisa dibilang, sosok Lou ini semacam Rusty bagi Danny dalam Ocean’s Trilogy terdahulu.

Debbie dan Lou kemudian merekrut lima maling profesional lain untuk bergabung dengan tim mereka. Semuanya cewek. Dengan berbagai macam keahlian. Ada jewelry maker, ada fashion designer, ada yang technical genius, ada yang murni maling, dan ada juga yang cuma ibu rumah tangga.

Seperti tim maling cowok yang dulu dibentuk abangnya, tim maling cewek bentukan Debbie juga terdiri dari berbagai ras. Selain dirinya dan Lou yang merupakan bule Amerika, juga ada bule Aussie, oriental, dan kulit item. Yaitu: Amita (Mindy Kaling), Tammy (Sarah Paulson), Constance (Awkwafina), Rose Weil (Helena Bonham Carter), dan Nine Ball (Rihanna).

Ocean’s 8 pun tercatat sebagai film blockbuster pertama yang seluruh bintangnya cewek. Film berbujet USD 70 juta ini juga makin spesial karena timing-nya pas dengan gerakan #MeToo. Yang saat ini sedang marak di Hollywood.

Meski demikian, proyek Ocean’s 8 bukan sengaja dibuat untuk mendukung gerakan yang memperjuangkan keadilan buat kaum perempuan tersebut. Hanya kebetulan saja waktunya yang berbarengan. Proses syutingnya yang dimulai pada Oktober 2016 sudah selesai sebelum isu #MeToo mencuat.

Menurut Sandra Bullock, selaku bintang utama, isu tersebut memang masih layak diperbincangkan. Dia berharap Ocean’s 8 sukses. Sehingga memicu Hollywood untuk membuat lebih banyak film seperti ini tanpa membicarakan gender.

Sandra Bullock mengaku, terakhir kali dia bermain di film yang penuh dengan perempuan itu saat syuting Practical Magic (1998). Sudah cukup lama. Begitu juga dengan Cate Blanchett. Yang seringnya menjadi satu-satunya cewek di lokasi syuting. Kali ini memang beda.

Kembali ke kisah Ocean’s 8. Menurut Blanchett, dalam film ini, para penonton bakal mendapat sedikit kilasan sejarah dari Ocean’s Trilogy. Meski demikian, cerita Ocean’s 8 ini berdiri sendiri. Kita bisa menikmatinya tanpa harus menonton tiga film sebelumnya terlebih dahulu.

Bagi para fans Ocean’s Trilogy jadul, ada sedikit petunjuk mengenai nasib tokoh utamanya. Dari trailer yang dirilis beberapa waktu yang lalu, tampak Debbie sedang duduk. Di depan batu marmer putih. Besar. Yang terlihat seperti batu nisan Danny Ocean. Apakah karakter yang diperankan oleh George Clooney itu sudah mati? *kraiii*

Selain Sandra Bullock dan Cate Blanchett, dua bintang lain yang paling ditunggu penampilannya di Ocean’s 8 adalah Rihanna dan Anne Hathaway. Meski lebih dikenal sebagai penyanyi top, Rihanna memang sudah berpengalaman main film. Beberapa kali. Sebut saja: Battleship (2012), Annie (2014), dan Valerian (2017).

Kali ini, Rihanna berperan sebagai Nine Ball. Cewek jenius berambut gimbal. Alias dreadlocks. Gaya rambut itu merupakan keinginannya sendiri. Dia meminta sang hairstylist, Yusef Williams, untuk menonjolkan ciri khas gadis Karibia.

Rambut gimbal itu akan membantunya terikat dengan Karibia. Tempat asalnya. Dia juga bakal tetap mempertahankan aksen bicaranya. Dalam Ocean’s 8, sosok Nine Ball memang digambarkan sebagai gadis Karibia yang hidup di Amerika.

Menurut Yusef Williams, rambut gimbal tersebut bakal membuat karakter Nine Ball terlihat keren dan sederhana. Untuk itu, dia membuat model rambut seperti penyanyi reggae. Yang panjang. Dan dibiarkan lepas tanpa ikatan. Agar terlihat sehat dan kuat, dia juga menggunakan shea butter dan jintan hitam. (Nggak sekalian pake urang-aring, Mz?)

Bagi Rihanna, yang selama ini terbiasa dengan rambut pendek, model gimbal panjang ini tentu mempunyai tantangan tersendiri. Tiap syuting, rambut itu ditata oleh empat orang. Dan butuh waktu tiga jam hingga selesai!

Meski demikian, Riri mengaku tidak kapok. Bahkan, Yusef Williams yakin. Kelak, Rihanna akan kembali menggimbal rambutnya. Bukan hanya di film. Tapi juga saat menyanyi. Atau saat tampil sehari-hari.

Sementara itu, Anne Hathaway tampaknya bakal menjadi villain yang cukup dibenci. Karakter Daphne yang dia perankan merupakan artis terkenal yang suka melontarkan cacian. Alias misuh-misuh. Sangat berlawanan dengan tokoh gadis lugu yang ia mainkan di Devil Wears Prada (2006). Meski sama-sama berkutat di dunia fashion.

Selain kecantikannya, yang menarik disimak dari sosok Daphne adalah kalung berlian yang dia kenakan. Yang menjadi target pencurian Debbie dkk.

Kalung bernama the Jeanne Toussaint itu bertaburkan berlian biru-putih. The Queen of Holland. Seberat 136,25 karat. Yang dikenal sebagai permata paling mahal di dunia. Diciptakan oleh Jacques Cartier pada 1931 untuk Maharaja of Nawanagar.

Untuk keperluan film Ocean’s 8, Cartier digaet sebagai partner resmi. Para artist dari brand perhiasan mewah asal Prancis itu kemudian membuat replika Toussaint. Di workshop perhiasan paling tenar. Di Rue de la Paix, Paris. Butuh waktu delapan minggu untuk menyelesaikan kalung tiruan tersebut. Hingga persis seperti desain aslinya.

Di samping delapan bintang cantik dan satu kalung berlian termahal di dunia, Ocean’s 8 juga bakal dihiasi berbagai cameo terkenal. Yang pasti muncul adalah Matt Damon. Yang mengulang perannya sebagai Linus Caldwell. Salah satu tokoh kunci dari Ocean’s Trilogy.

Selain Damon, kabarnya juga banyak public figure, dari berbagai macam profesi, yang bakal nongol sekilas di Ocean’s 8. Sebut saja: Zayn Malik, Katie Holmes, Maria Sharapova, Serena Williams, Adriana Lima, Kim Kardashian, Kylie Jenner, Kendall Jenner, Olivia Munn, dll.

Setelah menggelar gala premiere di Alice Tully Hall, New York City pada hari Selasa (5/6) kemarin, Ocean’s 8 mendapat respon cukup positif dari para kritikus. Film berdurasi 110 menit ini dinilai cukup menghibur dan enak ditonton. Terutama, berkat penampilan apik dan chemistry yang kuat di antara para bintangnya.

***

Ocean’s 8

Sutradara: Gary Ross
Produser: Steven Soderbergh, Susan Ekins
Penulis Skenario: Gary Ross, Olivia Milch
Pengarang Cerita: Gary Ross
Berdasarkan: Para karakter ciptaan George Clayton Johnson, Jack Golden Russell
Pemain: Sandra Bullock, Cate Blanchett, Anne Hathaway, Mindy Kaling, Sarah Paulson, Awkwafina, Rihanna, Helena Bonham Carter
Musik: Daniel Pemberton
Sinematografi: Eigil Bryld
Penyunting: Juliette Welfling
Produksi: Warner Bros. Pictures, Village Roadshow Pictures, Smoke House Pictures, Larger Than Life Productions
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 110 menit
Budget: USD 70 juta
Rilis: 5 Juni 2018 (Alice Tully Hall), 8 Juni 2018 (Indonesia & Amerika Serikat)

Rating (hingga 7 Juni 2018)
IMDb: –
Rotten Tomatoes: 79%
Metacritic: 61/100
CinemaScore: –

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer (Film, Football, Sports, Entertainment)
E-mail: edwindianto@gmail.com
Twitter/Instagram: @edwindianto
Blog: edwindianto.wordpress.com

Advertisements
Preview Film: Ocean’s 8 (2018)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s