Preview Film: Thor: Love and Thunder (2022)

“Memperkenalkan Thor cewek untuk kali pertama,” ujar sutradara Taika Waititi. Sebelum ia menyerahkan mainan palu Mjolnir kepada Natalie Portman. “Aku selalu iri pada palu kecil,” balas Portman. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi dalam ajang San Diego Comic-Con pada 20 Juli 2019 silam. Tepatnya, saat Marvel Studios untuk pertama kalinya mengumumkan bakal memproduksi film Thor: Love and Thunder.

Setelah diperkenalkan oleh sutradara Taika Waititi dalam San Diego Comic-Con 2019 yang lalu, Natalie Portman memang resmi menjadi Goddess of Thunder yang pertama dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebelumnya, dalam film Thor (2011) dan Thor: The Dark World (2013), aktris supercantik keturunan Israel tersebut “hanya” berperan sebagai kekasih sang Dewa Petir Thor Odinson (Chris Hemsworth): Jane Foster. Yang dikisahkan sudah bertransformasi menjadi The Mighty Thor dalam film Thor: Love and Thunder ini.

Mengenai proses awal terpilihnya Natalie Portman sebagai pemeran The Mighty Thor, sutradara Taika Waititi mengungkap, di tengah-tengah proses syuting film Thor: Ragnarok (2017), dirinya sempat membaca komik Marvel karya Jason Aaron yang berjudul The Mighty Thor Vol. 1: Thunder in Her Veins. Komik terbitan 7 Juni 2016 tersebut memperkenalkan versi cewek dari Thor. Yaitu: Jane Foster. Mantan pacar Thor Odinson tersebut dianggap layak untuk mengangkat palu Mjolnir, menjadi superhero, dan, bahkan, melawan Thor sendiri. Menurut Waititi, hanya ada satu orang yang bisa memainkan peran tersebut. Yaitu: Natalie Portman.

Yang menarik, saat diwawancarai, Natalie Portman mengungkap, sepanjang karirnya, dia selalu kebagian peran yang sesuai dengan posturnya yang kecil. Tinggi badannya memang hanya sekitar 160 cm. Nah, gara-gara harus berperan sebagai Jane Foster, aka The Mighty Thor, dalam film Thor: Love and Thunder ini, emak-emak gemoy berusia 41 tahun tersebut mendapat tantangan baru. Sutradara Taika Waititi memintanya untuk memperbesar badan. Sebesar mungkin.

Natalie Portman mengakui, tantangan dari Taika Waititi tadi telah mengubah hidup dan sekaligus pola pikirnya. Dia mengungkap, sejak masih anak-anak, dirinya selalu dijuluki si Mungil. Oleh karena itu, aktris bernama asli Natalie Hershlag tersebut memang harus berubah. Namun, meski demikian, Portman bersyukur, tantangan untuk memperbesar otot dalam film Thor: Love and Thunder ini datang ketika dia sudah dewasa.

Demi berperan sebagai tokoh superhero Jane Foster, alias The Mighty Thor, dalam Thor: Love and Thunder, Natalie Portman mengaku terpaksa harus berolahraga. Untuk menambah massa otot, dia melakukan diet dan menjalani latihan fisik intens selama 10 bulan. Dan, hasilnya, kini, lengan dan punggungnya pun menjadi kekar.

Yang menarik, dalam film Thor: Love and Thunder ini, tokoh Jane Foster, aka The Mighty Thor, yang diperankan oleh Natalie Portman, dikisahkan memiliki tinggi badan yang nyaris menyamai tokoh Thor Odinson yang diperankan oleh Chris Hemsworth. Yang tinggi badannya mencapai 190 cm itu. Oleh karena itu, saat syuting, tim properti sampai harus membuatkan Portman pijakan setinggi 30 cm. Dan, ketika dia berdialog dengan Hemsworth, para kru harus mengusung pijakan tersebut. Hehe..

Para fans MCU pun dibuat penasaran dengan penampilan Natalie Portman sebagai Jane Foster yang sudah berubah menjadi The Mighty Thor, alias Thor cewek yang pertama. Mereka menunggu-nunggu penampakannya dalam Thor: Love and Thunder. Namun, meski demikian, sayangnya, first look-nya tidak kunjung dirilis oleh Marvel Studios.

Pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh dunia memang membuat proses produksi Thor: Love and Thunder terhambat. Alhasil, jadwal rilis film Thor yang keempat ini harus tertunda beberapa kali: Mulai dari awalnya 5 November 2021 hingga akhirnya menjadi 8 Juli 2022. Oleh karena itu, para fans MCU pun harus lebih bersabar dalam menunggu penampilan perdana Natalie Portman sebagai The Mighty Thor.

Rasa penasaran para fans MCU, akhirnya, sedikit terpuaskan pada 18 April 2022 yang lalu. Yaitu, saat Marvel Studios merilis teaser trailer Thor: Love and Thunder. Dalam cuplikan berdurasi 90 detik tersebut, Jane Foster yang diperankan oleh Natalie Portman muncul sekilas pada bagian akhir. Tampaknya, dia sudah “kembali” dari kematian dan berubah menjadi The Mighty Thor.

Dalam teaser trailer Thor: Love and Thunder, Jane Foster, yang sudah berubah menjadi The Mighty Thor, alias Dewi Halilintar yang baru, terlihat memakai kostum klasik Thor karya ilustrator komik Russell Dauterman. Selain itu, karakter cewek cantik yang berprofesi sebagai astrophysicist tersebut juga terlihat sedang memegang palu Mjolnir.

Yang menarik, palu Mjolnir yang dipegang oleh Jane Foster, alias The Mighty Thor, pada bagian akhir teaser trailer Thor: Love and Thunder tadi, terlihat retak-retak dan berpendar. Hal itu mengindikasikan bahwa palu tersebut adalah palu Mjolnir yang sama. Yang dulu dihancurkan oleh Hela (Cate Blanchett) dalam film Thor: Ragnarok. Tampaknya, palu sakti tersebut sudah kembali utuh.

Teaser trailer Thor: Love and Thunder, yang berlatar lagu Sweet Child O’Mine (1987) milik Guns N’ Roses itu, memang penuh dengan kejutan. Selain kembalinya Jane Foster dan utuhnya palu Mjolnir, juga terlihat munculnya sejumlah karakter baru dan ditampilkannya kostum Thor yang baru.

Di samping itu, yang juga menarik, dalam teaser trailer film Thor: Love and Thunder yang menjadi bagian MCU Phase Four ini, sutradara Taika Waititi memasukkan banyak referensi dari komik Marvel. Mulai dari terbitan era 1960-an hingga rilisan yang terbaru.

Pada detik-detik awal teaser trailer Thor: Love and Thunder, sutradara Taika Waititi menyajikan evolusi kostum Thor. Mulai dari kostum Thor klasik karya Jack Kirby, dengan helm bersayap dan jubah merah, yang belum pernah ditampilkan dalam versi film live-action, hingga armor Thor yang terbaru.

Pada pertengahan teaser trailer Thor: Love and Thunder, Thor terlihat mengenakan kostum berwarna biru-merah cerah dengan plat emas yang mencolok. Penampakan tersebut mirip dengan artwork karya comic artist Mike Del Mundo dalam komik-komik Thor rilisan era 2010-an.

Di samping itu, dalam teaser trailer Thor: Love and Thunder tadi, dalam sebuah adegan bersama Korg (yang kembali diperankan sendiri oleh sutradara Taika Waititi), Thor juga terlihat memakai kaus you-can-see tanpa lengan dengan rompi kulit. Yang identik dengan tampilan Thor pada sampul komik Marvel Thunderstrike rilisan Mei 1988.

Selain menyajikan evolusi kostum Thor, bagian awal teaser trailer Thor: Love and Thunder juga menampilkan sekilas kapak Stormbreaker. Tampaknya, kapak sakti yang muncul sejak film Thor: Ragnarok tersebut dipensiunkan setelah dipakai melawan Thanos dalam film Avengers: Endgame (2019).

Menurut para fans, adegan Thor “gantung kapak” dalam teaser trailer Thor: Love and Thunder tadi serupa dengan Thanos “gantung armor”. Yaitu, setelah sosok Buto Wungu tersebut melenyapkan separuh populasi semesta dengan jentikan jari-jarinya dalam film Avengers: Infinity War (2018).

Btw, meski akhirnya dikisahkan berhasil mengalahkan Thanos, dalam film Avengers: Endgame yang lalu, Thor ditampilkan jauh dari kata gagah. Tubuhnya gendut seperti om-om yang terlalu banyak makan dan ena-ena dengan para cabe-cabean. Selain itu, rambut dan cambangnya yang tumbuh lebat juga tidak terurus. Pokoknya, penampakan Thor tidak sangar sama sekali.

Dalam teaser trailer Thor: Love and Thunder, terlihat Thor sedang berlatih keras untuk mengembalikan bentuk tubuhnya. Agar menjadi gagah dan kekar seperti dulu. Selain itu, sosok Dewa Asgardian tersebut juga terlihat memakai topi dengan tulisan yang menegaskan julukan lawasnya: Strongest Avenger.

Berbicara mengenai the Avengers, dalam film Thor: Love and Thunder ini, Thor bakal ditemani oleh rekan-rekannya dari perkumpulan superhero tersebut. Tepatnya, dari geng Guardians of the Galaxy. Dalam teaser trailer, terlihat ada Peter “Star-Lord” Quill (Chris Pratt), Drax the Destroyer (Dave Bautista), Mantis (Pom Klementieff), Nebula (Karen Gillan), serta duo Groot (Vin Diesel) dan Rocket Raccoon (Bradley Cooper).

Crossover memang sedang menjadi trend dalam film-film MCU Phase Four. Sebelum Thor tampil bareng Guardians of the Galaxy dalam film Thor: Love and Thunder ini, sudah ada Spider-Man dan Doctor Strange dalam Spider-Man: No Way Home (2021) serta Doctor Strange dan Scarlet Witch dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022).

Selain tampil bareng Guardians of the Galaxy, dalam film Thor: Love and Thunder ini, Thor juga bakal ditemani oleh sobat lawasnya: Valkyrie (Tessa Thompson). Yang dikisahkan sudah menjadi pemimpin New Asgard. Dalam teaser trailer, jagoan cewek tersebut terlihat sedang bosan dengan setelan jas rapinya.

Dalam Thor: Love and Thunder, Asgard, tempat tinggal para dewa dalam mitologi Nordic, dikisahkan sudah berubah menjadi sebuah desa wisata bernama New Asgard. Letaknya di Norwegia. Dalam teaser trailer, terlihat ada plang dengan imbauan agar para penduduk menyetir pelan-pelan di New Asgard. Selain itu, juga tampak sebuah kapal Viking yang mengapung di langit. Serta sebuah perahu bertenaga kambing yang sempat beberapa kali muncul dalam komik Marvel: Goat Boat.

Selain menampilkan New Asgard, teaser trailer Thor: Love and Thunder juga membawa para fans menuju ke Olympus. Yang dikisahkan menjadi tempat tinggal para dewa dalam mitologi Yunani. Lewat film ini, untuk kali pertama, karakter Zeus muncul dalam MCU. Namun, meski demikian, sayangnya, kemunculan perdana pemimpin para dewa dalam mitologi Yunani tersebut hanya sebatas punggungnya. Dari belakang, ia terlihat memakai baju zirah emas dan memegang senjata berupa petir.

Dalam komik Marvel, sesuai dengan mitosnya, Zeus dikisahkan sebagai pemimpin para dewa Olympians. Perannya mirip seperti bokap Thor Odinson, Odin, yang menjadi pemimpin para dewa Asgardians. Dari segi kekuatan, Zeus setara dengan Thor. Ia dikenal suka bertarung melawan Thor. Keduanya memang sama-sama bergelar Dewa Petir, alias God of Thunder, yang memiliki superpower, stamina, dan kelincahan yang tak terbatas. Selain itu, Zeus juga mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya. Bahkan, lebih cepat.

Dalam Thor: Love and Thunder, karakter Zeus diperankan oleh aktor kawakan Russell Crowe. Kabar bahwa bintang Gladiator (2000) tersebut bergabung dalam MCU sudah terungkap sejak Maret 2021 yang lalu. Kala itu, aktor asal Australia tersebut mengaku bahwa hari itu adalah syuting terakhirnya sebagai Zeus dalam film MCU yang ke-29 ini.

Teaser trailer Thor: Love and Thunder memang menghadirkan banyak kejutan. Mulai dari Jane Foster sebagai The Mighty Thor, Guardians of the Galaxy, New Asgard, hingga Zeus. Namun, meski demikian, yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans belum terlihat. Yaitu: Gorr the God Butcher.

Dalam teaser trailer Thor: Love and Thunder, tidak ada penampakan Gorr the God Butcher. Kehadiran sosok supervillain yang diperankan oleh Christian Bale tersebut hanya diwakili oleh kehancuran Asgard dan tempat-tempat lainnya. Yang hanya sekilas terlihat dalam cuplikan tadi.

Dalam Marvel Universe, Gorr the God Butcher pertama kali muncul dalam komik Thor: God of Thunder No. 2 rilisan November 2013. Seperti beberapa karakter villain dalam Marvel Universe lainnya, sosok alien Penjagal Dewa tersebut dikisahkan memiliki latar belakang yang kelam. Masa lalunya yang tragis membuatnya sangat dendam terhadap para dewa. Salah satunya, Thor Odinson.

Dalam komik Marvel, Gorr the God Butcher dikisahkan berasal dari sebuah planet gersang yang kekurangan air dan dihuni oleh banyak binatang buas. Namun, yang menarik, meski hidup sulit, para penduduk di planet yang dihuni oleh Gorr dikisahkan tetap menyembah para dewa.

Awalnya, seperti para penduduk lain di planet asalnya tadi, Gorr juga dikisahkan percaya terhadap para dewa. Namun, keyakinan tersebut akhirnya runtuh. Tepatnya, setelah seluruh keluarganya tewas karena kelaparan dan penyakit akibat kehidupan yang keras di planet tempat tinggalnya.

Setelah seluruh keluarganya meninggal, Gorr dikisahkan menjadi sangat marah dan kecewa karena doa-doanya tak pernah dikabulkan oleh para dewa. Ia menjadi sangat benci terhadap para dewa dan bersumpah bahwa seluruh dewa di alam semesta harus mati.

Gorr kemudian dikisahkan berencana untuk membasmi para dewa. Dengan menggunakan senjata All-Black the Necrosword yang memberinya kekuatan untuk berkelana ke berbagai dunia, sosok berkepala gundul tersebut kemudian berhasil menamatkan riwayat banyak dewa. Julukan Gorr the God Butcher pun akhirnya disematkan kepadanya.

Hal lain yang juga menarik, dalam komik Marvel, Gorr the God Butcher dikisahkan pernah bertemu Thor Odinson muda di Islandia pada abad pertengahan. Di sana, ia kemudian menyiksa sang Dewa Halilintar tersebut demi mengungkap lokasi rahasia Asgard.

Latar belakang yang menarik tadi membuat penampilan Gorr the God Butcher dalam Thor: Love and Thunder menjadi sangat ditunggu-tunggu oleh para fans Marvel. Mereka penasaran dengan penampilannya. Yang disebut-sebut sebagai salah satu karakter supervillain terhebat dalam MCU.

Saat diwawancarai pada Maret 2020 yang lalu, Tessa Thompson (pemeran Valkyrie) menyatakan, Gorr the God Butcher akan menjadi karakter villain yang fantastis dalam MCU. Namun, meski mengaku sudah membaca skenario yang ditulis oleh sutradara Taika Waititi, kala itu, dia tidak banyak menjelaskan tentang karakter tersebut. Begitu pula dengan pemerannya, Christian Bale. Yang enggan memberikan bocoran.

Bagi Christian Bale sendiri, berperan sebagai Gorr the God Butcher dalam Thor: Love and Thunder merupakan pengalaman keduanya dalam memerankan karakter yang diadaptasi dari komik. Yang pertama adalah karakter superhero legendaris dari DC Comics: Batman. Dalam trilogi film Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises (2012) besutan Christopher Nolan. Yang tersohor itu.

Saat diwawancarai, Christian Bale mengaku, kembali ke dunia komik adalah hal yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Dengan berperan sebagai Gorr the God Butcher dalam Thor: Love and Thunder, setelah dulu berperan sebagai Batman, bapack-bapack berusia 48 tahun tersebut mencetak rekor: Sebagai salah satu dari sedikit aktor yang pernah bermain dalam dua franchise film yang diadaptasi dari Marvel dan DC Comics.

Namun, meski kini sudah bermain dalam Marvel Cinematic Universe, yang menarik, saat diwawancarai, Christian Bale mengaku tidak tahu apa itu MCU sebelum berperan sebagai Gorr the God Butcher. Thor: Love and Thunder memang menjadi pengalaman pertamanya bergabung dalam franchise film superhero yang digawangi oleh Kevin Feige tersebut.

Selain itu, yang juga menarik, pada awalnya, Christian Bale mengaku telah salah mengira tentang karakter Gorr the God Butcher yang ia perankan. Setelah ditetapkan sebagai pemerannya dalam Thor: Love and Thunder, Aktor Pendukung Terbaik Oscars 2011 tersebut segera mencarinya di Google, dan ia mendapati bahwa karakter Gorr dalam komik Marvel digambarkan berkeliaran dengan hanya memakai g-string. Hehe..

Namun, meski demikian, untungnya, saat syuting, sutradara Taika Waititi memilih untuk mengubah penampilan Gorr the God Butcher yang diperankan oleh Christian Bale. Dalam film Thor: Love and Thunder ini, sosoknya ditampilkan berjubah dan berkerudung. Tidak topless dengan hanya memakai g-string hitam seperti dalam versi komiknya.

First look Christian Bale sebagai Gorr the God Butcher, sejatinya, sempat bocor pada Agustus 2021 yang lalu. Kala itu, beredar beberapa foto yang diambil dari lokasi syuting Thor: Love and Thunder di Malibu, California. Foto tersebut menampilkan Bale, yang tubuhnya terlihat lebih kurus, dalam balutan tudung dan kostum Gorr yang berwarna perak keabu-abuan. Sosok asli bintang Ford v Ferrari (2019) tersebut nyaris tak bisa dikenali. Karena wajah serta tangannya tertutup cat dan prostetik berwarna silver.

Dalam salah satu foto bocoran dari lokasi syuting Thor: Love and Thunder tadi, Christian Bale tampak sedang beraksi di depan kamera sebagai Gorr the God Butcher. Dalam foto yang lain, terlihat ia sedang berjalan-jalan di pantai. Sebagian wajah dan tubuhnya ditutupi kain oleh beberapa kru film.

Dalam foto-foto bocoran dari lokasi syuting Thor: Love and Thunder tadi, tidak tampak pemain lain di sekitar Christian Bale. Hal itu mengindikasikan bahwa ia sedang menjalani syuting adegan tambahan sendirian. Karena proses syuting utama film ini di Australia, sejatinya, sudah selesai pada Juni 2021.

Sementara itu, saat diwawancarai, Chris Hemsworth (pemeran Thor Odinson) menyatakan, karakter Gorr the God Butcher yang diperankan oleh Christian Bale telah memberi nuansa seram pada Thor: Love and Thunder. Hemsworth mengungkap, di lokasi syuting, saat para pemain lain sedang asyik melakukan improvisasi, komedi, dan seru-seruan, Bale tampil dengan sangat menegangkan dan menakutkan. Namun, meski demikian, saat tidak sedang syuting, Bale akan kembali bersikap normal.

Hal yang sama diungkapkan oleh Tessa Thompson. Menurut pemeran Valkyrie tersebut, Christian Bale telah menampilkan dialog yang benar-benar hebat sebagai Gorr the God Butcher. Selain harus tampil menakutkan, Bale juga harus bekerja keras. Karena karakter Gorr yang menyeramkan dikisahkan berada dalam dunia Thor: Love and Thunder yang penuh warna, tajam, dan bebas.

First look resmi Gorr the God Butcher yang diperankan oleh Christian Bale, akhirnya, terungkap dalam trailer resmi Thor: Love and Thunder yang dirilis oleh Marvel Studios pada 24 Mei 2022 yang lalu. Dalam cuplikan tersebut, wajahnya yang berwarna perak terlihat menyeramkan. Kepalanya botak. Selain itu, ia juga memakai baju seperti jubah dan tudung kumal berwarna putih.

Sebelum menampilkan Gorr the God Butcher, trailer baru Thor: Love and Thunder tadi dibuka oleh adegan Korg yang sedang menceritakan kisah Thor Odinson. Sosok alien tersebut kemudian merasa terganggu ketika ia menyadari ada lebih dari satu Dewa Petir di sekitarnya. Yakni: The Mighty Thor, alias Jane Foster. Setelah itu, selain Korg, Thor sendiri juga merasa kaget dengan kehadiran mantan pacarnya tersebut.

Bersama dengan Valkyrie, Thor Odinson, Jane Foster, dan Korg kemudian harus menghadapi sebuah ancaman baru. Yaitu: Gorr the God Butcher. Yang dikisahkan telah bersumpah untuk menghabisi semua dewa karena keegoisan mereka. Petualangan tersebut kemudian membawa Thor dkk ke dunia yang belum pernah kita lihat. Dan, bahkan, membawa mereka berhadapan muka dengan Zeus. Yang, akhirnya, ditampilkan dengan jelas dalam trailer resmi film Thor: Love and Thunder ini.

Saat diwawancarai, sutradara Taika Waititi, yang juga menulis skenario Thor: Love and Thunder, mengungkap, film ini bakal lebih besar dan keras. Serta lebih bombastis daripada film Thor: Ragnarok yang ia garap sebelumnya. Menurutnya, film Thor yang terbaru ini sangat berbeda dari Ragnarok. Karena melibatkan lebih banyak emosi dan ada banyak sekali cinta di dalamnya.

Selain itu, bagi Taika Waititi, Thor: Love and Thunder juga sangat menarik karena menggandakan betapa gilanya Thor: Ragnarok. Bahkan, sineas kelahiran New Zealand, 16 Agustus 1975, tersebut mengakui bahwa film ini adalah film tergila yang pernah ia buat.

Bagi yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan kegilaan Thor: Love and Thunder, film berdurasi 119 menit ini bakal dirilis di Indonesia pada 6 Juli 2022 nanti. Dan, kabar gembiranya, tiketnya sudah bisa dibeli secara online di bioskop-bioskop kesayangan mulai dari sekarang. Selamat menonton!

***

Thor: Love and Thunder

Sutradara: Taika Waititi
Produser: Kevin Feige, Brad Winderbaum
Penulis Skenario: Taika Waititi, Jennifer Kaytin Robinson
Berdasarkan: Thor oleh Stan Lee, Larry Lieber, Jack Kirby
Pemeran: Chris Hemsworth, Christian Bale, Tessa Thompson, Jaimie Alexander, Taika Waititi, Russell Crowe, Natalie Portman
Musik: Michael Giacchino
Sinematografi: Barry Idoine
Penyunting: Matthew Schmidt, Peter S. Elliot, Tim Roche, Jennifer Vecchiarello
Perusahaan Produksi: Marvel Studios
Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
Durasi: 119 menit
Negara: Amerika Serikat, Australia
Bahasa: Inggris
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Music, Romance, Sci-Fi
Klasifikasi Usia: PG-13 (R13+)
Tanggal Rilis: 23 Juni 2022 (El Capitan Theatre), 6 Juli 2022 (Indonesia), 8 Juli 2022 (Amerika Serikat)

***

Edwin Dianto
Pekerja Teks Komersial, Baper Blogger & Writer
E-mail: edwindianto@gmail.com
Blog: edwindianto.wordpress.com
Follow Twitter & Instagram @edwindianto & @filmaniaindo untuk info film-film terbaru.

Preview Film: Thor: Love and Thunder (2022)

2 thoughts on “Preview Film: Thor: Love and Thunder (2022)

Leave a comment